Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

5 Kebiasaan Sehat Yang Bikin Panjang Umur

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 22 Januari 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

 

Semua orang pasti pengin sehat dan pajang umur. Nah, 5 kebiasaan di bawah ini akan membantu menjaga kesehatan dan membuat kita panjang umur.

1. Minum teh

Teh sejak lama dikenal sebagai minuman yang menyehatkan karena kaya akan antioksidan. “Teh memiliki kandungan antikanker, penurun kolesterol, dan terbukti melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Teh juga membantu memperkuat tulang agar terhindar dari osteoporosis,” kata Kien Vuu, MD, spesialis onkologi dan radiologi yang berbasis di Los Angeles, AS. “Teh juga  menurunkan resiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler,” lanjutnya.

2. Makan yang pedas-pedas

Menambahkan sedikit rasa pedas di dalam menu sehari-hari tak hanya memperkaya rasa makanan tetapi juga bisa membuat kita perpanjang usia. “Meski butuh penelitian lebih lanjut, kandungan capsaisin pada cabai dipercaya bisa memperpanjang usia,” kata Josh Axe, DNM, CNS, DC, pendiri Ancient Nutrition dan DrAxe.com

| SHUTTERSTOCK

3. Menjaga kesehatan gigi

Rajin menyikat gigi dan memakai dental floss bisa mengurangi resiko gingivitis, radang gusi yang bisa memicu penyakit jantung, stroke, dan diabetes. “Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan adalah memperhatikan kesehatan gigi dan rongga mulut, juga rajin kontrol ke dokter gigi,” kata Olivia Rose, ND, dokter naturopati dari Toronto, Kanada.

4. Rajin berjemur

Studi yang dipublikasikan di Journal of Internal Medicine menunjukkan bahwa perempuan yang memiliki kebiasaan berjemur atau terpapar sinar matahari, joging di pagi hari misalnya, lebih kecil resiko terkena penyakit kardiovaskuler dibanding mereka yang tidak, “Menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan bisa membuat tubuh kekurangan vitamin D. Vitamin ini membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan melindungi kita dari penyakit kanker dan jantung,” kata dr. Rose.

| SHUTTERSTOCK

5. Banyak tertawa

Menurut Satesh Bidaisee, DVM, profesor Public Health and Preventive Medicine dari St. George’s University, tertawa terbukti membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, meningkatkan fungsi jantung, dan menambah kekebalan karena akan memicu hormon endorfin bekerja. “Sempatkan untuk tertawa karena tertawa itu sehat dan membuat kita panjang umur,” kata Bidaisee.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro