To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

7 Langkah Obati Telapak Kaki Pecah-pecah

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 22 Januari 2019 | 08:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Selain sakit, tumit dan telapak kaki kering dan pecah-pecah kurang indah dipandang. Atasi dengan 7 langkah yang mudah dilakukan ini.

Penyebab telapak kaki pecah-pecah bisa beragam, di antaranya berdiri terlalu lama, memakai sepatu atau sandal model terbuka di belakang, obesitas. Sebelum kondisi memburuk, atasi dengan beberapa langkah berikut ini.

1.Tingkatkan Asupan Air Putih

“Pastikan kamu minum cukup air agar kulit tidak kekeringan,” ujar Garrett Moore, DPM podiatris UCHealth Stapleton Foot and Ankle Center.

2.Gunakan Pelembap

“Gunakan pelembap pada kaki dan telapaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur,” saran Moore.

3.Hindari Petroleum Jelly

“Petroleum jelly membuat kulit terlihat lembap di permukaan tetapi sulit diserap,” jelas Moore yang lebih menyarankan menggunakan pelembap yang mudah diserap kulit untuk menutrisi telapak kaki yang pecah-pecah.

4.Jika Perlu, Gunakan Intensive Healing Cream

Jika kondisi telapak kaki sudah sangat kering dan pecah-pecah, bahkan mungkin terkena jamur, dan pelembap biasa dirasa tidak cukup, kamu bisa menggunakan intensive healing cream. “Jika penyebabnya adalah kulit yang sangat kering, bisa menggunakan ammonium lactate atau urea cream,” tambah Moore.

Baca juga: Mau Glowy Skin ala Megan Markle? Coba 2 DIY Masker Wajah Ini

5.Gunakan Sepatu Tertutup

“Lindungi kaki dengan sepatu tertutup yang nyaman dan kaus kaki yang menyerap keringat,” saran dermatologis Dendy Engelman, MD.

6.Jangan Mengelupas Kulit

Stop kebiasaan mengelupas sisa-sisa kulit di telapak kaki yang pecah-pecah. “Bisa jadi infeksi,” tukas Moore.

7.Rendam Kaki

Gunakan garam mandi dan air hangat, lalu rendam kaki 10-15 menit untuk melembutkan dan menghilangkan sisa-sisa kulit mati. Kamu bisa tambahkan susu atau madu yang bermanfaat menghaluskan kulit.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi