I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Rahasia Kulit Awet Muda dari 10 Pakar Kecantikan

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 21 Januari 2019 | 08:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Tips simpel dari pakar kecantikan dunia yang bisa kamu coba dan lihatlah hasilnya yang menakjubkan.

1.“Setelah sunscreen, amunisi antiaging wajib adalah retinol pada malam hari. Setelah pemakaian 12 minggu, keriput dan flek hitam berkurang, kulit lebih cerah dan teksturnya melembut.” –Caroline Chang, MD, pemilik Rhode Island Dermatology Institute dan Associate Dermatology Staff di Brown University.

2.“Bersihkan makeup mata dengan perlahan sehingga kulit kelopak mata tidak tertarik dan mengakibatkan keriput dan hiperpigmentasi.” – Jeanine B. Downie, MD, direktur Image Dermatology di Montclaire, New Jersey.

SHUTTERSTOCK |

3.“Sesekali biarkan kulit break dari rutinitas skincare, kecuali cleanser dan pelembap. Terkadang kulit mudah teriritasi oleh produk.” –Dr. Chang

Baca juga: 5 Makeup Remover Alami Untuk Kulit Sensitif

4.“Jangan lupakan kulit leher dan dada yang seharusnya diperlakukan sama dengan wajah, yaitu sunscreen, pelembap dan anti-aging treatment.” Jessica Wu, MD, dermatologis dan penulis Feed Your Face.

5.“Lampu baca yang terlalu terang bisa merusak kulit wajah. Pastikan lampu tersebut menyorot bukumu, bukan kulit wajahmu.” –Lily Talakoub, MD, dari McLean Dermatology.

6.“Rutin ganti sarung bantal. Minyak dan kotoran bisa berkumpul di sana dan membahayakan kullit.” – Dr. Manjula Jegasothy, MD, pemilik Miami Skin Institute.

SHUTTERSTOCK |

7.“Setelah mandi, segera oleskan pelembap pada seluruh wajah dan tubuh untuk ‘mengunci’ kadar air.” – David Lortscher, MD, CEO Curology.

Baca juga: Pepaya Untuk Kecantikan

8.“Oleskan petroleum jelly atau hand cream, lalu pakai sarung tangan atau kaus kaki di malam hari untuk mengatasi kulit tangan atau kaki yang sangat kering.” –Dr. Chang.

SHUTTERSTOCK |

9.“Stop memegang-megang wajah. Bakteri yang ada pada wajah biasanya berasal dari tangan.” – Paul Dean, MD, Grossmont Dermatology Clinic, San Diego.

10.“Kebanyakan orang memakan deodorant di pagi hari. Faktanya, memakainya di malam hari bisa membantu mengontrol kelenjar keringat.” –Dr. Talakoub.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi