The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

7 Gejala Mirip Flu Yang Harus Diwaspadai

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 20 Januari 2019 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Badan tak enak? Biasanya cuma flu. Tapi, terkadang penyakit lain pun memiliki gejala serupa flu. Berikut beberapa gejala yang bisa jadi tak sekedar flu biasa.

 

1. Gejala lebih dari 4 hari

Flu biasanya akan sembuh sendiri dalam 3-4 hari. Biasanya diawali tenggorokan gatal, hidung tersumbat, hidung gatal, dan kemudian diikuti batuk. Gejala ini biasanya akan hilang dengan istirahat dan cukup minum. Jika gejala tak kunjung reda, bisa jadi bukan flu biasa tetapi penyakit lain yang lebih berat.

2. Gejala hilang tapi muncul lagi

Jika gejala flu hilang tetapi datang lagi tak lama kemudian, bisa jadi bukan flu tetapi infeksi lainnya seperti pneumonia atau infeksi sinus.

3. Baru pulang dari traveling

Traveling bisa menjadi sumber penularan penyakit karena kita bertemu banyak orang asing dan lingkungan yang belum tentu higienis. Jadi, jika muncul gejala menyerupai flu sepulang dari traveling, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

 

Baca juga: Flu Picu Kenaikan Berat Badan, Ini 5 Fakta Lain Tentang Flu

 

4. Demam tinggi

Demam memang salah satu gejala flu juga, tetapi biasanya bukan demam tinggi. Jika kamu mengalami demam di atas 38 derajat Celsius, kemungkinan ada radang tenggorokan. Pasien radang tenggorokan biasanya mengalami demam tinggi di awal perjalanan penyakit. Jadi, hati-hati jika tiba-tiba mengalami demam tinggi. Radang tenggorokan yang tak segera diatasi bisa berkembang menjadi demam rematik dan masalah jantung.

5. Masalah pencernaan

Flu biasanya tidak disertai mual, muntah dan diare. Jadi, jika gejala-gejala ini menyertai gejala flu lainnya, bisa jadi yang kamu alami bukan flu biasa melainkan gangguan pencernaan. Jika tak mendapat penanganan yang tepat, bukan tidak mungkin terjadi dehidrasi.

| SHUTTERSTOCK

6. Sakit kepala hebat

Gejala flu yang disertai sakit kepala hebat tidak boleh diremehkan karena bisa saja merupakan gejala meningitis. Sementara sakit kepala menekan yang terasa di sekitar hidung dan mata kemungkinan merupakan gejala infeksi sinus.

7. Sakit di bagian dada dan susah bernapas

Meskipun batuk merupakan gejala flu, tetapi jika batuknya berat sehingga menyebabkan napas pendek, napas berbunyi atau sakit di bagian dada, sebaiknya jangan diabaikan. Gangguan pernapasan bisa berhubungan dengan bronkitis atau pneumonia, sementara sakit di bagian dada dan sesak napas bisa jadi gejala terjadinya emboli paru alias penyumbatan pembuluh darah di paru.   

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro