There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Flu Picu Kenaikan Berat Badan, Ini 5 Fakta Lain Tentang Flu

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 23 Desember 2018 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Musim pancaroba membuat tubuh mudah terserang flu. Banyak saran medis yang bisa dilakukan untuk mencegah atau meredakan flu, dari mulai minum vitamin C hingga makan sup hangat. Tapi tahukah bahwa ternyata flu bisa membuat berat badan seseorang bertambah? Berikut 6 fakta tentang flu yang belum banyak diketahui.

1. Butuh 2 hari virus flu beraksi

Tenggorokan gatal atau hidung mulai merah? Coba ingat-ingat, dimana kamu berada 2 hari yang lalu. Bisa jadi, di tempat itulah virus flu hinggap ke tubuh kamu. Peneliti menemukan bahwa virus flu butuh sekitar 2 hari untuk mulai menunjukkan gejala.

2. Kuncinya, berolahraga

Simpanan obat flu di laci rumah mungkin nggak pernah kosong. Tapi, kata ahli, pencegahan flu yang paling baik bukan obat flu melainkan berolahraga. Peneliti dari Appalachian State University menemukan bahwa sistem kekebalan tubuh bisa ditingkatkan dengan berolahraga. Olahraga apa pun baik. Yang dianjurkan adalah berolahraga minimal 5 kali seminggu.

| SHUTTERSTOCK

3. Tidur yang efisien

Berapa lama kamu tidur pada malam hari? Jika kurang dari 7 jam, kemungkinan terserang flu 3 kali lebih besar. Penelitian yang dilakukan Carnegie Mellon University juga menyarankan agar kita benar-benar menggunakan waktu tidur untuk tidur. Ini yang disebut tidur yang efisien.

4. Vitamin C tidak dibutuhkan?

Minum vitamin C saat mulai bersin-bersin? Ternyata, buat sebagian besar orang, vitamin C tidak terlalu membantu untuk mencegah atau meredakan gejala flu. Namun, ketika kamu sedang dalam kondisi tertekan atau menghadapi ujian misalnya, minum vitamin C membantu mengurangi kemungkinan terserang flu hingga 50%.

 

Baca juga: Ini 5 Mitos Kanker Payudara Yang Wajib Diketahui

 

5. Berat Badan bertambah

Percaya atau tidak, flu terrnyata bisa bikin berat badan bertambah, lo. Penelitian di Rady Children’s Hospital di San Diego, AS, menemukan bahwa anak-anak yang terpapar adenovirus 36, sejenis virus flu, mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan setelahnya.

6. Flu 200 kali

Jika rata-rata usia orang mencapai 75 tahun, maka sepanjang hidupnya ia akan mengalami paling tidak 200 kali serangan flu. Jadi, kira-kira ia akan mengalami bersin-bersin, tenggorokan gatal, dan demam selama 2 tahun penuh!   

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro