I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

8 Tips Membantu Anak Mencapai Cita-Citanya

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 24 Januari 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Biarkan anak menggantung cita-citanya setinggi langit. Beri ia kesempatan dan Ruang untuk mengejar cita-citanya itu. Begini cara mendorong perkembangan kreativitas, imajinasi, dan emosional anak untuk mencapai cita-citanya.

1. Jangan patahkan mimpinya

Jika anak pengin melakukan sesuatu yang hebat, jangan patahkan keinginannya. Dorong mereka dan beri tahu mereka cara untuk mencapai cita-citanya tersebut. Misalnya jika anak bercita-cita menjadi astronot, beri tahu apa yang harus dia lakukan untuk mencapai cita-citanya itu.

2. Jangan protektif

Sikap protektif hanya akan membuat anak terkungkung dan takut menghadapi hal-hal baru di luar dunianya. Beri anak tantangan dan beri reward ketika mereka berhasil.

 

Baca juga: Anak Mau Menang Sendiri, Ini 6 Tips Mengatasinya

 

3. Jelajahi dunia luar

Beri anak kesempatan untuk melihat hal-hal baru, tempat-tempat baru, dan bertemu dengan orang-orang baru. Tak ada yang bisa mengubah dunia hanya dengan diam di rumah.

4. Sediakan bacaan

Membaca akan membuka wawasan dan memberi inspirasi. Jadi, sediakan bacaan yang dibutuhkan atau ajak anak ke toko buku untuk memilih bacaan sendiri.

5. Bantu anak mengenali tokoh idolanya

Mengidolakan seseorang yang jago di bidangnya tak salah. Bagus jika anak mengidolakan seorang superhero atau tokoh, karena itu akan membuat anak fokus pada cita-cita atau ambisinya. Bantu anak mengenal idolanya dan bagaimana si idola bisa sukses.

| SHUTTERSTOCK

6. Biarkan anak bermain dengan sebayanya

Anak akan tumbuh dengan lebih percaya diri jika bermain dengan anak-anak sebayanya. Ini juga akan membuat mereka belajar untuk berargumen dan memengaruhi orang lain. Keterampilan ini penting buat kehidupan mereka saat dewasa kelak.

7. Tak hanya soal uang

Jangan memaksa anak untuk mengejar ambisi atau karier hanya karena faktor uang. Ada yang lebih bermakna dari sekedar uang.     

8. Tak ada yang tak mungkin

Setiap orang itu unik, dan dunia saat ini juga lebih egaliter. Jadi, hampir tak ada yang tak mungkin dilakukan sepanjang kita mau berusaha keras.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro