Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

5 Tantangan Bekerja Dari Rumah dan Tips Menghadapinya

author
Isna Triyono
Senin, 4 Februari 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Saat ini, bekerja dari rumah sudah menjadi pilihan banyak orang, terutama perempuan.

Bekerja dari rumah, entah itu mulai berwirausaha atau menjadi freelacer semakin dilirik. Enggak heran sih, apalagi untuk perempuan, bekerja di rumah punya banyak manfaat. Selain tetap punya penghasilan, bekerja dari rumah juga bisa punya waktu dengan anak di rumah.

Tapi untuk kamu yang baru akan mulai bekerja dari rumah, harus siap nih menghadapi 5 tantangan ini dan tips menghadapinya.

Baca juga: Punya Bawahan yang Lebih Senior? Ini Trik Menghadapinya

1. Menggabungkan Pekerjaan dan Urusan Rumah

Bekerja dari rumah artinya kamu harus siap menggabungkan urusan pekerjaan dan rumah tangga. Artinya kamu harus siap-siap di saat fokus menyelesaikan urusan pekerjaan, kamu juga harus membagi waktu dan perhatian dengan urusan rumah, misalnya rengekan si buah hati.

Tips: Kamu harus membuat jam kerja yang jelas, misalnya jam sekian hingga jam sekian kamu harus fokus bekerja. Untuk urusan rumah tangga atau anak, kamu bisa komunikasikan dengan support system, misalnya ART, ibu atau ibu mertua, dan pasangan.

2. Gangguan Perhatian

Berada di rumah, terkadang membuat kamu mudah mendapat gangguan perhatian. Misalnya ada tontonan menarik di televise atau tamu yang tiba-tiba datang dan mengajak ngobrol.

Tips: Jika memungkinkan, bekerja dari rumah juga harus punya ruangan tersendiri. Sehingga selama batas jam kerja yang sudah ditentukan, kamu fokus tetap menyelesaikan pekerjaan. Kamu bisa meminta ART atau support system di rumah agar tidak membiarkan siapapun atau apapun mengganggu waktumu.

SHUTTERSTOCK |


3. Perkembangan Karier Terganggu

Bekerja dari rumah terkadang membuat sebagian orang terlena dengan tidak adanya target atau bos yang mengawasi. Sehingga membuat produktivitas dan keterampilan ekrja cenderung stagnan bahkan menurun.

Tips: Sempatkan untuk tetap meng up-date pengetahuan dan keterampilan baru dengan ikut pelatihan atau kursus. Jangan malas untuk menambah relasi dan memperluas networking.

Baca juga: 7 Kunci Sukses Kerja Dari Rumah

4. Terisolasi

Tantangan lainnya bekerja dari rumah adalah kamu terisolasi dari dunia luar. Bukan saja dengan teman kerja tetapi terisolasi dari pergaulan degan teman-teman lainnya.

Tips: Sesekali kamu gunakan jam kerja untuk sekadar hang out dengan teman-teman. Kamu juga bisa membawa pekerjaan ke café dan mungkin sambil bertemu dengan rekan kerja.

5. Kebiasaan Makan yang Buruk

Bisa jadi jam makan menjadi terganggu karena keasyikan bekerja atau malah selalu membawa cemilan di sebelah laptop-mu.

Tips: tentukan saat jam makan, misalnya jam makan siang, kamu harus istirahat dan makan. Jangan biarkan hasrat memakan cemilan menjadi liar. Jika ingin cemila, sediakan cemilan sehat seperti buah-buahan.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono