Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

5 Tips Simpel Mengganti Popok Bayi

author
Isna Triyono
Selasa, 26 Februari 2019 | 10:17 WIB
SHUTTERSTOCK |

Memiliki bayi, artinya kamu juga harus siap rajin mengganti popok mereka.

Untuk new mom, urusan mengganti popok bisa membuat grogi di awal-awal kelahiran bayi. namun kemahiran mengganti popok ini pasti akan bertambah seiring jam terbang.

Berikut ini tips simpel saat mengganti popok bayi.

Baca juga: Langkah Mudah Memandikan Bayi

1. Letakkan Popok Baru di Bawah Popok Lama

Sebelum melepas popok yang sudah penuh, letakkan popok baru di bawah popok lama tadi. Dengan catatan, popok lama tidak bakal mengotori popok yang baru.Tarik popok lama sehingga kamu tinggal memasang perekat popok baru ke perut bayi.

Tips ini juga membuat sprei atau matras bebas kotor.

SHUTTERSTOCK |

2. Popok Khusus Malam

Memang belum ada popok khusus malam, tapi kamu bisa menggunakan popok satu ukuran di atas yang biasa dipakai bayi di siang hari. Popok satu ukuran lebih besar ini bisa menampung pipis lebih banyak sehingga mencegah terjadinya kebocoran.

3. Jangan Buru-buru Diganti Jika...

Tips ini khusus ketika bayi BAB. Saat bayi menunjukkan tanda sedang BAB, jangan buru-buru ganti popok tetapi tunggu 5 menit hingga ia benar-benar menuntaskan BAB-nya.

Jika langsung diganti, kemungkinan bayi masih belum selesai BAB dan bikin kamu mengganti popok dua kali.

Baca juga: Bayi Tumbuh Gigi, Ini Cara Menenangkannya

4. Kantong Plastik

Sediakan selalu kantong plastik dalam diapers bag untuk berjaga-jaga jika popok harus diganti ditempat umum. Kamu bisa langsung menyimpan popok bekas dalam plastik.

5. Tutupi Kain

Tips ini khusus untuk baby boy. Saat mengganti popok bayi laki-laki, pastikan kamu selalu menaruh kain kecil di atas penisnya. Ini untuk menghindari hal yang tidak kamu inginkan, seperti tiba-tiba bayi pipis dan tepat mengenai baju atau bahkan muka kamu.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono