Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Bayi Tumbuh Gigi, Ini Cara Menenangkannya

author
Isna Triyono
Rabu, 20 Februari 2019 | 15:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Tumbuh gigi bagi bayi adalah hal besar dan membuat tidak nyaman.

Tanda-tanda gigi pada bayi akan mulai tumbuh antara lain, gusi bengkak, bayi lebih banyak mengeluarkan air liur, suka menggigit, dan beberapa kasus menyebabkan bayi demam.

Ketidaknyamanan akibat gigi yang mau tumbuh, sering membuat bayi rewel, susah makan, dan merusak jam tidurnya.

Beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk bayi rewel akibat tumbuh gigi.

Baca juga: Ini Alasan Bayi Sebaiknya Belajar Berjalan Tanpa Alas Kaki

1. Memijat Gusi

Pijat gusi bayi dengan jarimu yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Beri tekanan lembut pada gusi yang bengkak. Awalnya mungkin bayi merasa enggak nyaman, tetapi jika kamu terus memijat gusi bayi, ia akan lebih rileks dan bisa meredakan ketidaknyamanan yang ia rasakan akibat tumbuh gigi.

2. Teether

Saat ini banyak teether (mainan yang bisa digigit bayi) yang dijual dengan bentuk dan warna menarik. Simpan teether dalam lemari es selama beberapa jam (jangan dibekukan), sebelum diberikan pada bayi.

Sensasi dingin yang bayi rasakan saat menggigit teether akan meredakan rasa sakitnya pada gusi. Pilih teether berbahan dasar silicon dan bisa disterilkan.

SHUTTERSTOCK |

3. Cemilan

Jika bayi sudah bisa diberi makanan padat, beri cemilan buah untuk mengurangi rasa sakit atau gatal pada gusi. Kamu bisa berikan sepotong buah melon atau wortel. Untuk mencegah tersedak, kamu bisa berikan potongan buah dalam empeng yang bisa diisi buah-buahan atau sayuran.

Baca juga: 7 Manfaat Berenang Bagi Bayi

4. Gunakan Bib

Masa tumbuh gigi, biasanya bayi akan lebih banyak mengeluarkan air liur atau ngeces. Agar tidak menimbulkan iritasi pada bagian dagu atau pipi, kenakan bib pada bayi untuk memudahkan mengelap air liur. Bib juga mencegah pakaian menjadi basah dan membuat bayi kurang nyaman. Bila perlu, oleskan krim anti ruam di area dagu.

5. Pelukan

Bayi yang tumbuh gigi biasanya akan menjadi rewel. Pelukan hangat dari ibu akan meredakan rasa ketidaknyamanannya. Beberapa bayi bahkan hanya berhenti menangis jika berada di gendongan.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono