When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Kurangi Migren Dengan 7 Tips Ini

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 19 Februari 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Migren merupakan sakit kepala dengan sensasi berdenyut, bisa bertahan berjam hingga berhari-hari. Migren biasanya terjadi hanya pada satu sisi kepala, sering juga diikuti mual atau bahkan muntah dan gangguan penglihatan.

Penelitian menunjukkan semakin bertambah usia, semakin sering pula seseorang mengalami migren. Nah, 7 tips berikut bisa membantu kamu meringankan migren.

 

1. Gunakan kacamata yang tepat

Bekerja atau beraktivitas di bawah lampu neon atau cahaya yang sangat terang bisa memicu migren. Bicarakan dengan dokter mata untuk mengganti kacamata dengan yang kacamata yang mampu melindungi mata sehingga terhindar dari sakit kepala.

2. Tambahkan buckwheat ke dalam menu  

Buckwheat (sejenis biji-bijan, biasa dipakai untuk granola), apel, dan asparagus mengandung rutin, yaitu senyawa yang terbukti bisa mengurangi rasa sakit.

Baca juga: 7 Tips Bagi Yang Tak Punya Waktu Untuk Berolahraga

3. Cukup minum

Kurang cairan saat bangun pagi juga bisa memicu sakit kepala dan migren. Jadi, sebaiknya cukup minum dan tambahkan 2 gelas ekstra di luar jumlah yang disarankan setiap hari agar terbebas dari migren.

4. Aroma lavender 

Para peneliti mengatakan bahwa aroma lavender bisa memicu pelepasan gelombang delta yang membantu menurunkan aktivitas otak dan membuat tubuh relaks. Tak ada salahnya memakai aroma lavender sebelum tidur, bisa juga dengan menggunakan lilin aromaterapi.  

| SHUTTERSTOCK

5. Teh sebelum tidur

Teh ternyata bisa membantu mengurangi migren, begitu juga tidur teratur dan cukup. Sejam sebelum berangkat tidur, cobalah minum teh hangat agar tubuh makin relaks. 

6. Makan selasih

Selasih bekerja dengan jalan membantu melemaskan otot. Menambahkan selasih ke dalam diet sehari-hari bisa membantu mengurangi migren.

7. Cukup vitamin D

Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin D akan mengurangi risiko migren. Luangkan waktu sekitar 15 menit setiap hari untuk berjemur di pagi hari. Bisa juga memperoleh vitamin D dari ikan, keju, dan telur. Konsultasi dengan doker sebelum memilih suplemen penambah vitamin D. 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro