Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

6 Gejala Tubuh Yang Tak Boleh Disepelekan

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 17 Februari 2019 | 19:07 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Orang sering menganggap gejala-gejala yang muncul pada tubuh sebagai hal biasa. Padahal,  beberapa gejala bisa saja merupakan tanda adanya gangguan kesehatan yang lebih buruk. 

1. Demam tinggi

Demam tinggi bisa disebabkan banyak hal, bisa karena flu, bisa juga gangguan kesehatan lainnya. Jika demam tinggi muncul mendadak dan tak juga turun, sebaiknya berkonsultasi ke dokter karena bisa saja merupakan gejala infeksi yang harus mendapat pengobatan dan perawatan.

2. Berat badan terus turun

Perempuan mana yang tak pengin punya tubuh ramping? Pasti hampir semua pengin berat badannya turun. Tetapi jika berat badan terus menerus turun, kamu patut waspada. Bisa jadi, ada sesuatu yang salah dengan kondisi medis kamu.

| SHUTTERSTOCK
 

3. Selalu merasa lelah

Kondisi seperti ini tentu bukan hal bagus. Bisa saja ada ganggguan kesehatan yang harus dicari tahu penyebabnya. Bisa saja hanya kelelahan setelah bepergian jauh atau bekerja lembur terus menerus, tetapi bisa juga ini indikasi adanya gangguan kesehatan serius. Rasa lelah yang tak hilang-hilang bisa berhubungan dengan gangguan tiroid dan bahkan kanker.

4. Keringat berlebihan

Jika tubuh terus menerus berkeringat tanpa alasan jelas, mungkin saja ini berkaitan dengan diet atau konsumsi alkohol berlebihan. Tapi jika setelah mengatur pola makan dan gaya hidup, keringat tetap saja mengucur tanpa sebab, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Keringat berlebihan merupakan pertanda awal gangguan sistem endokrin, penyakit tiroid, juga gangguan pada pembuluh darah jantung.

Baca juga: Sering Menangis? Barangkali Ini Penyebabnya

5. Kulit kering

Salah satu gejala adanya masalah pada sistem endokrin adalah kulit kering. Perempuan biasanya menganggapnya biasa, misalnya karena pemakaian makeup atau alergi misalnya. Tetapi jika kulit tetap saja kering, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

6. Kejang Otot (kram)

Banyak orang yang menganggap kram sebagai hal biasa. Misalnya, akibat olahraga berlebih, duduk terlalu lama atau posisi duduk yang tak tepat sehingga menghambat peredaran darah, atau karena tubuh kurang cairan semata. Tapi jika kram sering terjadi, jangan dianggap sepele. Pasalnya bisa jadi ini merupakan gejala penyakit yang lebih buruk.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro