If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

“Investasi Kulit” Dengan 10-Step Skincare ala Korea

author
Ratih Sukma Pertiwi
Minggu, 17 Februari 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kedengarannya ribet banget ya, tapi hasilnya kulit benar-benar lembut, clear, dan flawless. Anggap saja “investasi kulit”.

1.Makeup Remover/Oil Cleanser

Ritual skincare Korea diawali dengan proses double cleansing. Yang pertama, bersihkan dengan makeup remover atau oil cleanser.

Kelebihan memakai oil cleanser adalah tidak hanya membersihkan makeup tapi juga partikel polusi, sebum serta produk oil-based seperti sunscreen. Pijatkan oil cleanser pada kulit wajah lalu bilas dengan air suam kuku. Ulangi sekali lagi.

2.Water-based Cleanser

Pembersih kedua adalah water-based cleanser. Ini berfungsi membersihkan lebih dalam, termasuk pori-pori yang tertutup debu dan keringat.

3.Exfoliator

Fungsinya menghilangkan sel-sel kulit mati dan debu membandel dari kulit wajah. Namun jangan gunakan exfoliator terlalu sering. Cukup 1-2 kali seminggu.

Baca juga: 7 Pilihan Serum Wajah Untuk Kulit Sebening Artis Korea

4.Toner

Melembapkan dan mempersiapkan kulit agar skincare yang selanjutnya dioles ke kulit bisa diserap dengan maksimal.

5.Essence

Bertekstur bening dan cair seperti air yang mengandung bahan aktif untuk melembapkan kulit serta menstimuli pertumbuhan sel-sel kulit baru. Cukup gunakan beberapa tetes dan pijat-pijat hingga meresap.

Baca juga: 5 Kelebihan Essence untuk Perawatan Wajah

6.Treatments

Tahapan ini lebih pada apa yang dibutuhkan kulit kamu. Misalnya, menghilangkan jerawat, hiperpigmentasi, mencerahkan wajah, dan sebagainya. Kamu bisa memilih serum, booster atau ampoule dengan formula tersebut.

7.Masker

Sheet mask merupakan jenis masker yang paling banyak diminati dari perawatan ala Korea. Pilih sesuai kebutuhan kulit, seperti anti-aging, hidrasi, jerawat, brightening, dan sebagainya. Cukup pakai dua kali seminggu dan kamu bisa mengombinasikannya.

Baca juga: 10 Jenis Sheet Mask dan Fungsinya Untuk Kulit

8.Eye Cream

Menghaluskan kulit di area mata dan mengurangi lingkaran hitam, kerutan di sudut mata, kantung mata, garis-garis halus. Gunakan setiap hari cukup dengan menepuk-nepuk perlahan di area kelopak dan bawah mata.

9.Moisturizer

Utamanya untuk menjaga kelembapan kulit. Sesuaikan formulanya dengan kondisi kulit kamu. Jika kulit dehidrasi, pilih tekstur yang ekstra creamy. Untuk kulit berminyak, pilih formula oil-free. Oles pagi dan sore hari.

10.Sun Protection

Saat beraktivitas, indoor apalagi outdoor, selalu gunakan sunscreen dan oles ulang setiap dua jam.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi