To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

10 Jenis Sheet Mask dan Fungsinya Untuk Kulit

author
Ratih Sukma Pertiwi
Minggu, 23 Desember 2018 | 19:00 WIB
SHUTTESTOCK |

Sheet mask, masker kecantikan asal Korea Selatan, semakin tren di tahun 2018 dan bahkan diprediksi masih hits hingga tahun 2019.  Selain bentuknya unik, praktis, dan mudah digunakan, sheet mask kaya nutrisi untuk kulit wajah.

Bingung memilih mana sheet mask yang cocok untuk kulit kamu? Ketahui dulu aneka jenisnya.

1.Clay Sheet Mask

Terbuat dari clay atau sejenis tanah liat yang bisa mendetoksifikasi kulit dari segala kotoran dan polutan. Cocok untuk kulit wajah berminyak.

Baca juga: Bentonite Clay dan 7 Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit Wajah

2.Charcoal Sheet Mask

Kandungan utamanya berupa arang aktif yang berwarna hitam. Seperti clay sheet mask, jenis ini berguna untuk mendetoksifikasi kulit. Tidak disarankan untuk kamu yang berkulit sensitif atau kering karena dapat membuat kulit bertambah kering.

Baca juga: Masker Charcoal untuk Kulit Wajah Lebih Cerah. Bikin Sendiri, yuk!

3.Bubble Sheet Mask

Ketika kamu pasang pada wajah, akan muncul busa-busa kecil yang berasal dari kandungan sparkling water. Setelah memakai masker ini, wajah terasa lebih lembap dan segar.

4.Ampoule Sheet Mask

Berbeda dari jenis sheet mask lainnya, jenis ini terdiri dari dua bagian produk, yaitu ampoule atau cairan serum dan lembaran masker. Kamu tinggal mengoleskan cairan serum ke seluruh wajah lalu tutupi dengan sheet mask agar nutrisi terserap maksimal.

Pilih serum sesuai kebutuhan kulit, misalnya serum Vitamin C untuk mencerahkan, serum hyaluronic acid untuk melembapkan, dan AHA/BHA untuk mencerahkan.

5.Ampoule With Chip Mask

Ini bakal tren di tahun 2019, ampoule sheet mask yang dilengkapi dengan titik-titik akupresur yang dapat ditekan untuk melancarkan peredaran darah dan mendetoksifikasi kulit. Tertarik mencoba?

6.Microfiber Sheet Mask

Berasal dari microfiber atau serat alami olahan tanaman kapas yang direndam di dalam essence. Rata-rata sheet mask menggunakan bahan microfiber.

Baca juga: Hobi Pakai Sheet Mask, Ini 5 Fakta Yang Wajib Diketahui

7.Bio-Cellulose Sheet Mask

Lembaran maskernya terbuat dari serat alami microbial cellulose yang lebih menempel di kulit dibanding bahan microfiber. Jenis ini cocok untuk seluruh jenis kulit.

8. Hydrogel Sheet Mask

Terbuat dari gel transparan tipis yang terasa dingin dan lembut di kulit. Cocok untuk pemilik kulit kering dan normal.

9. Foil Sheet Mask

Masker lembaran berbahan foil. Kelebihannya dibanding bahan lain, serum atau essence masker tidak akan cepat menguap sehingga kulit mendapatkan nutrisi maksimal.

10. Knit Sheet Mask

Terbuat dari bahan katun alami yang dirajut. Uniknya, masker ini panjang hingga bisa dipakai sampai leher. Fungsinya menghidrasi kulit agar tidak cepat memperlihatkan tanda-tanda penuaan.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi