A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Hobi Pakai Sheet Mask, Ini 5 Fakta Yang Wajib Diketahui

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 12 Desember 2018 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Selfie pakai sheet mask kini lagi tren di media sosial. Tak hanya orang awam, selebritis dunia seperti Drew Barrymore atau Christy Teigen pun tak mau kalah. Tapi, tahukah kamu fakta-fakta medis tentang sheet mask? Seberapa bermanfaatkah sheet mask? Berikut hal-hal yang wajib kamu ketahui tentang sheet mask seperti disampaikan dermatologist Debbie Palmer, D.O., dan Dendy Engelan, M.D. dan dikutip womenshealthmag.com.

 

1.Lebih praktis dari masker tradisional

Kebanyakan sheet mask aman dari bakteri karena vaccum-sealed. Kemasan sekali pakai juga lebih nyaman. Selain itu, tak seperti masker tradisional yang mengharuskan kita membasuh wajah setelahnya, sheet mask tak perlu dibasuh dan justru bisa menjadi pelembab wajah sepanjang hari.

2.Lebih banyak manfaat

Sheet mask menawarkan berbagai manfaat, antara lain mengangkat kotoran, mencegah jerawat dan melembabkan wajah. Sheet mask meningkatkan kadar air karena bahan kertasnya akan melindungi dari penguapan sehingga lebih meresap. Tiga kandungan utama sheet mask adalah Hyaluronic acid (HA), ceramide, dan antioksidan.

3.Tak selalu cocok bagi wajah berjerawat

Tertutupnya kulit selama pemakaian sheet mask akan meningkatkan suhu kulit wajah yang bisa meningkatkan jumlah bakteri penyebab jerawat. Kandungan bahannya juga bisa menyumbat pori-pori wajah. Jadi, jika kamu merasa memiliki jenis kulit wajah yang mudah berjerawat dan berminyak, sebaiknya lakukan tes lebih dulu di beberapa bagian wajah. Jika muncul bercak di area yang dipasang sheet mask, sebaiknya tidak dipakai.

 

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Depresi Musiman

 

4.Tak selalu pas di wajah

Sheet mask hanya punya satu ukuran. Jadi, jangan heran jika terkadang tidak pas di wajah dan malah berantakan. Agar seluruh wajah tercover, mulailah memakai sheet mask dari bagian atas (dahi) lalu ke bawah. 

5.Tidak ramah kantung

Harga sheet mask lumayan mahal, lo. Jadi jika dana kamu terbatas, gunakan sheet mask hanya untuk event spesial atau saat naik pesawat terbang ketika kulit jadi lebih kering.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro