There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Mendadak Loyo, Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 11 Desember 2018 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Seks merupakan bagian penting hubungan suami istri. Namun, ketika gairah tak lagi menyala, ada baiknya mencari tahu penyebabnya.

1. Stres

Stres bisa berpengaruh terhadap kondisi mental dan fisik seseorang. Secara mental, stres bisa membuat seseorang selalu merasa lelah, bad mood, atau bahkan depresi. Secara fisik, stres bisa memicu gangguan pada lambung dan sakit kepala.

Ini semua karena pengaruh hormon kortisol. Faktor mental dan fisik akibat stres ini juga bisa berpengaruh terhadap libido seks.

Untuk mengurangi stres, coba cari gejala, lalu antisipasi penyebabnya. Beberapa hal yang bisa membantu mengurangi stres antara lain berlatih pernapasan, mengisi waktu luang bersama pasangan, pola makan sehat, cukup tidur, dan rutin berolahraga.

Baca juga: Agar Seks Menyenangkan, Lakukan 5 Hal Ini Saat Foreplay

2. Tak Percaya diri

Pernahkah kamu merasa tak percaya diri? Pokoknya serba tak nyaman, bahkan dengan pasangan sendiri. Selain merasa tidak fit, ini juga bisa membuat kamu tak pede dengan penampilan sendiri. Merasa malu di depan pasangan dan kurang pede memulai atau melakukan hubungan intim.

Meski tak mudah, sebaiknya segera cari cara untuk mengatasi hal ini. Lakukan hal-hal yang bisa membuat kamu bahagia dan makin pede. Olahraga rutin membantu melepas hormon endorfin sehingga kamu bisa lebih mengapresiasi tubuh sendiri.

3. Gangguan kesehatan kronis

Gangguan kesehatan kronis, seperti rheumatoid arthritis, kelelahan, kaku-kaku di seluruh tubuh, atau vagina kering juga bisa berpengaruh terhadap libido. Kondisi-kondisi tertentu ini, beserta obat yang diminum, bisa membuat gairah seksual menurun. Ada baiknya hubungi dokter untuk mencari jalan keluar sehingga gairah seksual bisa kembali bangkit.

| SHUTTERSTOCK

4. Tersandera gadget

Ironi dari teknologi adalah, di satu sisi membuat orang bisa selalu terhubung, tetapi di sisi lain membuat kita terisolasi dan tak lagi intim dengan pasangan. Coba mulai kurangi, atau kalau bisa lupakan sejenak, benda-benda tersebut dari kamar tidur sehingga hanya ada kamu dan pasangan di kamar tidur tersebut.

5. Tak lagi mesra

Gairah seksual bisa terganggu jika kamu dan pasangan tak lagi saling merasa terhubung secara emosional. Coba atur ulang hubungan, misalnya dengan menjadwalkan akhir pekan berdua saja, jalan berdua setaiap pagi, atau sekedar saling berkirim pesan mesra.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro