Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Sebelum Kasih Kado Natal Untuk Bos, Simak Tipsnya

author
Isna Triyono
Senin, 10 Desember 2018 | 14:48 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sudah me-list daftar siapa aja orang yang akan kamu kasih kado Natal? Apakah nama bos kamu ada dalam list itu?

Memberikan kado Natal memang sah-sah aja untuk orang-orang yang kamu hormati, seperti bos. Tapi, agar tidak menimbulkan persepsi macam-macam, baik dari si bos atau teman-teman lainnya, sebaiknya pahami dulu tipsnya berikut ini.

1. Pertimbangkan Untuk Patungan Dengan Teman-teman yang lain

Sebelum memutuskan membeli hadiah untuk si bos, pertimbangkan untuk mengajak teman-teman yang lain untuk patungan. Dengan begitu, kamu mengurangi risiko omongan enggak enak soal kamu mencari muka atau sebagai ‘sogokan’.

Baca juga: Tips Menghadapi Interview Kerja Bagi si Introvert

SHUTTERSTOCK |

2. Jangan Pamer

Kalau kamu memutuskan untuk memberikan kado kepada bos secara pribadi (enggak patungan), berikannya secara pribadi juga, jangan di depan karyawan yang lain. Memamerkan kamu memberi kado Natal untuk bos di depan karyawan lain, sama sekali bukan hal yang bijak.

3. Sederhana namun Tulus

Pilihlah hadiah yang sederhana namun tulus. Untuk harga, sebaiknya jangan yang terlalu mahal karena itu bisa mengintimidasi bos untuk membalas kebaikan kamu.

4. Bukan Barang Pribadi

Berikan hadiah Natal untuk si bos yang jauh dari barang-barang pribadi seperti parfume atau dompet. Kamu bisa mencari alternatif seperti peralatan tulis.

Baca juga: Baca Ini Dulu Sebelum Mengajak Si Kecil ke Kantor

SHUTTERSTOCK |

5. Jangan Pernah Berikan Voucher

Jangan pernah berikan voucher apapun untuk hadiah Natal bos kamu. Nilai nominal yang tertera pada voucher sama aja seperti kamu memberikan uang tunai (hanya dalam bentuk yang berbeda). Jika nominalnya terlalu kecil, kamu akan dianggap meremehkan. Sebaliknya, jika nominalnya terlalu besar, si bos akan merasa ‘berutang’ kebaikan.

6. Kartu Ucapan

Selipkan kartu ucapan tetap dengan kalimat formal di dalamnya. Kecuali jika si bos adalah teman baik kamu di luar kantor, kamu bisa memberikan ucapan dengan lebih santai dan akrab.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono