We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Baca Ini Dulu Sebelum Mengajak Si Kecil ke Kantor

author
Hasto Prianggoro
Senin, 26 November 2018 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Seringkali orang tua terpaksa mengajak anak ke kantor. Selain karena tidak ada yang menjaga di rumah, biasanya anak diajak ke kantor saat liburan. Apa yang harus disiapkan dan dilakukan orang tua? Berikut 5 tipsnya.

1.Suasana kantor memungkinkan

Sebelum mengajak anak ke kantor, pastikan suasana dan lingkungan kantor kondusif untuk membawa anak. Suasana kantor yang sangat sibuk dan hiruk pikuk bisa jadi tidak cocok bagi anak. Pastikan juga, ada tempat bagi anak untuk beristirahat dan melakukan berbagai aktivitas.

2.Beritahu anak 

Untuk anak yang sudah agak besar, beritahu ia mengenai suasana di kantor, teman-teman, juga atasan. Beritahu juga pekerjaan seperti apa yang dikerjakan Bunda di kantor dan apa yang harus dilakukan anak selama berada di kantor. Buat kesepakatan, misalnya anak berjanji tidak akan rewel selama di kantor.

Baca juga: 6 Tips Mengenalkan Musik pada Bayi

3.Kenali karakter anak

Sebelum memutuskan membawa anak ke kantor, lihatlah terlebih dahulu apakah kondisi anak memang memungkinkan untuk dibawa ke kantor. Anak yang memiliki karakter hiperaktif dan mudah bosan akan lebih sulit menyesuaikan dengan situasi kantor.

4.Biarkan beraktivitas

| SHUTTERSTOCK

Siapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan anak. Siapkan juga aktivitas apa yang bisa dilakukan anak selama Bunda bekerja. Misalnya, membawa mainan, alat tulis, dan sebagainya. Jadi, selain bisa beraktivitas selama Bunda bekerja, anak juga tidak akan merasa bosan.

5.Beri reward

Jika si Kecil bertingkah baik selama berada di kantor, tak ada salahnya memberi reward. Tak perlu berupa benda atau hadiah, pujian atau pelukan pun cukup.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro