You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

6 Tips Mengenalkan Musik pada Bayi

author
Isna Triyono
Senin, 26 November 2018 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa musik membuat bayi merasa aman dan nyaman. Seperti lagu Nina Bobo yang menjadi lagu pengantar tidur bagi banyak bayi.

Jika kamu ingin bayi menyukai musik sejak awal, kamu bisa mencoba tips memperkenalkan musik pada bayi berikut ini.

1. Perkenalkan dengan tape atau live music

Jika selama ini banyak ibu mencoba mengenalkan musik menggunakan music box, sebaiknya ganti dengan stereo pemutar musik atau live music. Namun tetap pilih musik yang menenangkan dengan volume yang tidak terlalu keras.

Baca juga: 6 Tips Sederhana Untuk Meredakan Nyeri Bayi Setelah Divaksin

2. Jadikan Musik Sebagai Rutinitas Tidur Malam

Buatlah rutinitas memutar musik yang menenangkan sebagai pengantar waktu tidur bayi. Kamu bisa memutar musik sejak mulai menyiapkan bayi tidur malam, misalnya mulai dari membersihkan badan bayi, mengganti dengan piyama, melakukan pijatan lembut, dan mematikan lampu kamar dengan diiringi musik yang lembut.

3. Tetap Berada di Dekat Bayi

Saat diperdengarkan musik, bayi terlihat nyaman dan santai. Namun itu bukanlah alasan kamu bisa meninggalkan bayi sendirian di dalam ruangan. Hindari meninggalkan bayi saat ia ‘menikmati’ musik karena saat musik berhenti, ia akan merasa kehilangan kamu dan itu akan meninggalkan rasa trauma pada musik.

Sebaiknya temani bayi hingga ia tertidur. Kemudian secara perlahan matikan musik ketika ia sudah tertidur pulas.

SHUTTERSTOCK |


4. Bernyanyi untuk Bayi

Bayi akan suka mendengar suara ibunya. Ia akan merasa tenang mendengar suara ibunya berada di sekitarnya. Manfaatkan hal itu untuk menyanyikan bayi kamu dengan suara yang sedikit keras.

Nyanyikan lagu anak-anak, lagu pengantar tidur seperti Nina Bobo, atau lagu apapun, jingle iklan misalnya. Karena bagi bayi yang penting adalah suara ibunya dengan nada yang menenangkan.

Baca juga: 5 Hal Tentang Growth Spurt yang Harus Bunda Ketahui

5. Mendorong Bayi Membuat Musik

Kamu bisa memberinya mainan yang mengeluarkan suara musik. Atau jika bayi masih terlalu mudah untuk memegang mainan, kamu bisa membantunya mendengarkan suara dengan menggoyangkan mainan di dekatnya. Pindahkan mainan dari satu sisi ke sisi lainnya sambil membuat suara dan lihat bagaimana responnya.

Jika bayi sudah sedikit lebih besar, biarkan ia bermain dengan alat rumah sederhana seperti sendok dan mangkuk, untuk menghasilkan musik. Biarkan dia bermain dengan berbagai benda dan mendengar suara apa yang dihasilkannya. Aktivitas ini juga membantu bayi memahami konsep suara dan akan belajar menikmati musik.

6. Mainkan Musik yang Tenang

Pilih musik yang menenangkan di telinga bayi. Coba putar satu jenis musik, dan perhatikan respon bayi.

Selama bayi terlihat menikmati iramanya, biarkan ia mendengarkan musik itu dengan volume yang tidak terlalu keras. Biarkan bayi menikmati saat ia menjelajahi dunia musik dan mengembangkan telinganya untuk mendengar musik.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono