You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

6 Tips Sederhana Untuk Meredakan Nyeri Bayi Setelah Divaksin

author
Isna Triyono
Selasa, 20 November 2018 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Selain harus mengingat jadwal vaksin bayi, seorang ibu juga biasanya selalu ingat apa yang biasanya terjadi setelah anak divaksin.

Hal yang lumrah terjadi, bayi akan mengalami demam akibat reaksi dari vaskin di dalam tubuhnya. Efek yang lain, bayi menjadi cranky, mudah menangis sehingga terjaga semalaman.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meredakan efek vaksinasi tersebut. Meski tidak menghilangkan seluruhnya namun paling engak, kamu bisa membuat bayi nyaman dan sedikit lebih tenang.

Baca juga: 5 Tips dan Manfaat Memijat Bayi

Apa aja yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri bayi setelah vaksinasi?

1. Ciptakan suasana tenang

Bayi bisa menjadi kesal dan cranky setelah divaksin. Beberapa bahkan berimbas terganggunya nafsu makan. Untuk meredakan efek vaksin tadi, kamu bisa menciptakan rumah atau kamar yang tenang dan nyaman, mengatur suhu ruangan yang sejuk, dan pastikan bayi mengenakan pakaian yang longgar sehingga tidak mengganggu area bekas suntikan.

2. Beri pelukan

Bayi pasti merasa ada yang kurang enak dengan tubuhnya setelah divaksin. Akibatnya menjadi rewel dan uring-uringan. Untuk meredakan rasa itu, kamu bisa selalu memeluk bayi selama apapun ia butuhkan. Dan biasanya tentu akan lebih lama dari yang biasanya bayi butuhkan.

Perasaan nyaman berada di pelukan bunda bisa sedikit melupakan rasa sakit akibat divaksin.

SHUTTERSTOCK |

3. Beri Makan/Susui Bayi

Memberi makan bayi atau diberi susu setelah divaksin bisa meredakan rasa sakit. Makanan atau susu juga bisa mengalihkan perhatiannya dari rasa kurang nyaman.

Baca juga: 6 Cara Merawat Tali Pusat Bayi

4. Kompres Ais Dingin

Cara lain yang juga efektif meredakan rasa sakit bayi setelah divaksin adalah dengan mengompres di bagian bekas suntikan. Gunakan lap bersih yang telah dicelupkan ke air dingin. Kompresan air dingin ini mengurangi rasa sakit di sekitar bekas suntikan.

5. Alihkan Perhatian

Salah satu cara terbaik mengurangi rasa sakit yang dirasakan bayi setelah divaksin adalah mengalihkan perhatiannya. Beri mainan baru atau sesuatu yang bisa menarik eprhatiannya untuk sementara waktu.

Kamu juga bisa menyalakan teve atau memberi gadget agar bayi fokus dengan tontonan di hadapannya dibanding merasakan rasa sakit bekas suntikan.

6. Permen

Permen ampuh membantu bayi mengalihkan rasa sakit akibat divaksin. Trik ini sangat membantu untuk bayi berusia di bawah 6 bulan. Kamu bisa mencobanya memberi permen sebelum bayi divaksin atau mencelupkan dotnya ke dalam air gula dan membiarkan ia menghisapnya saat disuntik.


Ingat, perhatian orang tua setelah vaksinasi bayi juga sangat penting untuk menjaga emosinya. Beri ekstra perhatian dan sentuhan agar bayi merasa lebih nyaman.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono