The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

6 Cara Merawat Tali Pusat Bayi

author
Isna Triyono
Senin, 5 November 2018 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Tali pusat harus dirawat agar tidak infeksi. Simak tips cara merawat tali pusat berikut ini.

Saat di dalam kandungan, bayi menerima oksigen dan sari makanan lewat tali pusat. Begitu bayi sudah lahir maka tali pusat akan dipotong 2-3 cm dari pusat. Sisa tali pusat tersebut  tidak boleh ditarik secara paksa. Tunggu tali pusat kering dan lepas sendiri. Biasanya memakan waktu 3-7 hari.

Saat tali pusat masih menempel inilah beberapa ibu masih bingung cara merawatnya. Kamu termasuk salah satunya, kah? Berikut ini tips yang bisa kamu coba.

Baca juga: 6 Terapi Sederhana Ketika Bayi Batuk Pilek

1. Jaga kebersihan

Tali pusat harus selalu terjaga kebersihannya. Karena jika ada kotoran, bisa terjadi infeksi. Hindari tali pusat dari bedak tabur, obat luka, atau lotion bayi.

2. Jangan  basah

Agar cepat lepas, tali pusat jangan sampai basah. Jadi sebelum tali pusat lepas sendiri, usahakan tidak mandikan bayi dengan cara dimasukkan ke dalam bak mandi, cukup dilap dengan lap basah saja.

3. Keringkan dengan cotton bud

Jika tali pusat terkena air atau terlihat ada kotoran, keringkan dan bersihkan menggunakan cotton bud, jangan menggunakan tangan. Hal ini untuk menjaga tali pusat tidak lembap karena bisa memicu infeksi.

SHUTTERSTOCK |

4. Beri ruang

Jika tali pusat dibungkus dengan kain kasa, jangan masukkan ke dalam celana atau popok karena memperbesar tali pusat terkena pipis atau pup bayi.

Jika bayi dibedong, jangan diikat terlalu ketat agar udara bisa tetap mengalir ke pangkal tali pusat dan membuatnya cepat kering.

Tidak ada salahnya juga sesekali membiarkan terbuka (tidak dibungkus apapun) agar cepat kering dan lepas sendiri.

Baca juga: Merasa Bayi Kurang ASI? Cek Tips dan Fakta Tentang Ukuran Lambung Bayi Ini

5. Larutan povidone iodine

Jika sudah dirawat dengan benar namun tali pusat mengeluarkan bau tak sedap (tanda awal ada infeksi), lap dengan kain kasa kering yang telah diberi larutan povidone iodine (antiseptik). Jangan gunakan alkohol atau cairan pengering luka.

6. Jangan dicabut paksa

Meski tali pusat sudah menggantung dan ingin lepas, jangan dicabut secara paksa karena bayi bisa merasakan sakit. Lebih baik bersabar hingga tali pusat lepas dengan sendirinya.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi