Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Bisa Jadi Face Mist, Ini 5 Manfaat dan Cara Memakai Toner yang Tepat

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 26 November 2018 | 08:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Apakah facial toner atau toning sudah termasuk dalam rutinitas skincare kamu? Jika belum, segera pakai, yuk. Karena ternyata toner bermanfaat banyak bagi kecantikan kulit apapun jenisnya.

Samakah toner dengan astringent? Meski keduanya water-based, toner lebih lembut dan lembap di kulit sementara astringent bisa membuat kulit kering. 

Apa saja manfaat dan bagaimana cara penggunaan toner yang tepat?

1.Membersihkan Kulit Wajah

Toner dapat berfungsi sebagai pembersih tambahan ketika pembersih utama belum sempurna menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, atau sisa-sisa makeup pada kulit wajah.

Enggak percaya? Coba aplikasikan toner dengan menggunakan kapas, lalu usap pada kulit wajah. Kamu pasti menemukan sisa-sisa kotoran.  

Nah, setelah kulit kamu sudah bersih, krim, atau serum yang akan kamu pakai tentu menyerap lebih optimal.

SHUTTERSTOCK |

  1. Melembapkan Kulit

Toner dapat melembapkan kulit dan menyeimbangkan pH alami kulit wajah. Pilih yang tidak mengandung alkohol, ya.

Baca juga: 4 Cara Atasi Hiperpigmentasi Kulit Wajah

  1. Merefresh Kulit

Beraktivitas seharian membuat kulit wajah terlihat kotor dan kusam. Bagaimana caranya agar kulit wajah tetap fresh tanpa harus sering mencuci muka? Isi botol spray dengan cairan toner dan gunakan sebagai face mist.

  1. Memperkecil Pori-pori

Beberapa jenis toner bisa membantu memperkecil pori-pori kulit wajah sehingga kotoran tidak mudah tertimbun di kulit yang memicu komedo dan jerawat.

  1. Membuat Tampilan Matte

Beberapa toner memiliki efek finishing matte, atau tertulis di label produk “skin matte finish.” Artinya, toner berfungsi menghilangkan kelebihan minyak di kulit wajah sehingga tidak terlihat mengilap.

Waktu terbaik menggunakan toner adalah setelah kamu membersihkan wajah. Lalu setelahnya gunakan pelembap atau serum.

Masih mau men-skip toner dalam rutinitas skincare kamu?

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi