For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Kesal Karena Jerawat? Coba 4 Jenis Acid Ini!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 22 November 2018 | 14:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sudah mencoba beragam krim anti-jerawat tetapi tidak mempan juga. Sudah coba acid untuk mengatasi jerawat kamu yang membandel? Sekarang banyak lo skincare lokal maupun luar negeri yang mengeluarkan produk acid. Tapi sebelum mencoba, ketahui dulu acid apa saja yang cocok untuk jerawat.

  1. Retinoic Acid

Acid ini sering dijumpai di dalam kandungan skincare antiaging dan merupakan turunan vitamin A. Selain untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan dini, bisa juga untuk mengurangi jerawat dan komedo. Namun, jika kulitmu sensitif sebaiknya hindari acid ini karena bisa membuat kulit iritasi dan kering.

Baca juga: Kulit Purging atau Breakout? Ini Bedanya

  1. Salicylic Acid

Biasanya apotek menjual acid yang bernama lain Betahydroxy Acid (BHA) ini dalam produk obat jerawat dan pencerah. Sifatnya eksfoliasi sehingga ampuh mengikis kulit-kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan jerawat, sekaligus bersifat antiradang sehingga menenangkan kulit.

SHUTTERSTOCK |

  1. Azelaic Acid

Nah, buat kamu yang berjerawat namun kulitnya sensitif bisa mencoba acid jenis ini karena berasal dari bahan alami. Azelaic Acid juga bersifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Baca juga: 4 Cara Atasi Hiperpigmentasi Kulit Wajah

  1. Glycolic Acid

Keunggulan Alpha Hydroxyacid (AHA) yang berasal dari gula ini mengobati sekaligus menghilangkan bekas-bekas jerawat. Selain itu, sifatnya lebih melembapkan kulit dibanding Salicylic Acid dan Retinoic Acid. Pun begitu, pemakaiannya jangan berlebihan sebab yang namanya acid tetap memiliki sifat eksfoliasi yang bisa memicu iritasi.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi