I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Agar Bayi Tenang di Car Seat

author
Isna Triyono
Rabu, 21 November 2018 | 18:30 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sudah seharusnya ditaati meletakkan bayi di car seat saat berkendara.

Keselamatan adalah yang utama. Apalagi jika kita berkendara membawa bayi. Sudah menjadi aturan keamanan jika berkendara membawa bayi, maka bayi harus diletakkan di car seat di barisan bangku tengah.

Kebiasaan baik demi keselamatan ini pun harus dilakukan sejak dini sekali. Nah, agar bayi tenang selama di car seat, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

Baca juga: 6 Tips Sederhana Untuk Meredakan Nyeri Bayi Setelah Divaksin

1. Sesuaikan dengan Badan Bayi

Setelah meletakkan bayi di car seat, periksa kembali apakah talinya terlalu ketat sehingga bayi kurang nyaman. Meski kamu baru meletakkan bayi di car seat beberapa hari lalu, tetap lakukan pemeriksaan ini karena ukuran badan bayi juga berubah. Pastikan posisi bayi aman meski nantinya ada guncangan agak keras, periksa berat dan posisi ketinggian untuk tempat duduk.

2. Mainan dan Mainan

Orang dewasa saja bisa bosan selama perjalanan, begitupun yang terjadi dengan bayi. Agar tenang di car seat, sediakan beberapa mainan untuk bayi untuk mengalihkan perhatiannya. Pilih mainan yang lembut dan empuk, yang tidak menimbulkan risiko cedera jika mobil ngerem mendadak.

SHUTTERSTOCK |

3. Musik yang Menenangkan

Pemilihan musik ini bisa juga disesuaikan dengan jam perjalanan. Jika mendekati waktu tidur si bayi, musik klasik atau instrumental bisa menjadi pengantar tidurnya. Namun jika bayi terjaga dengan tenaga full, berbagai musik yang menyenangkan bisa menghibur dan mengalihkan perhatiannya.

4. Pasang cermin

Gantungkan cermin di depan bayi agar ia bisa menikmati melihat dirinya sendiri. Kamu juga bisa memasang cermin agak besar di depan agar kamu bisa memerhatikan bayi di car seat dan bayi pun bisa melihat wajah ibunya dan itu akan membuatnya semakin tenang.

Baca juga: 7 Tips Merawat Kulit Bayi

5. Periksa Suhu di Kabin Mobil

Beberapa posisi meletakkan car seat adalah membelakangi kemudi. Jika kamu memilih posisi ini, pastikan bayi mendapat suhu AC yang nyaman. Pakaikan bayi dengan baju yang nyaman.

6. Akrab Dengan Car Seat

Bayi biasanya menangis ketika mau diletakkan di atas car seat. Bisa jadi bayi merasa enggak familiar dengan car seat sehingga sudah merasa takut dan enggak nyaman duduk di sana. Sebaiknya, biarkan bayi ‘akrab’ dengan car seat. Bawa car seat ke dalam rumah atau kamar agar ia bisa bermain dan menjelajahinya.

SHUTTERSTOCK |

7. Bersabarlah

Beberapa bayi mengalami fase yang lebih lama untuk akhirnya bisa nyaman duduk di car seat. Bersabarlah. Bayi juga tidak mungkin menangis selama perjalanan. Atau kamu bisa juga mencoba melakukan perjalanan dan meletakkan bayi di car seat pada jadwal ia tidur.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono