Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

6 Tips Anak Aman Berolahraga

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 20 November 2018 | 18:00 WIB

 

Tak cuma penting bagi orang dewasa, olahraga juga penting bagi anak. Sejak dini anak sudah bisa dikenalkan pada berbagai jenis olahraga atau aktivitas fisik. Namun, agar anak tetap aman selama berolahraga, beberapa tips berikut bisa Bunda ikuti:

1.Pakailah Pelindung

Anak sebaiknya dibiasakan untuk menggunakan perlengkapan olahraga lengkap, termasuk alat pelindungnya, apalagi jika olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan mengandung risiko seperti bersepeda, berenang, atau bermain bola.

2.Orang Tua Harus Memberi Contoh

Jangan hanya anak yang diwajibkan memakai perlengkapan dan alat pelindung. Orang tua pun harus memberikan contoh. Anak usia balita masih melihat orang tua sebagai figur panutan. Dengan demikian, anak akan terbiasa melihat contoh yang baik.

3.Ukuran Tepat

Orang tua sebaiknya memastikan bahwa ukuran perlengkapan, termasuk baju, dan alat pelindung olahraga yang dipakai benar-benar pas. Pelindung seperti helm misalnya, jika terlalu besar atau terlalu kecil, selain tidak nyaman dipakai, juga tidak akan maksimal memberi perlindungan ketika anak mengelami kecelekaan saat berolahraga. Perlengkapan dan pengaman juga haus dalam kondisi baik.

Baca juga: 6 “Hobi” Baru Tanda Perkembangan Balita

4.Biarkan Anak Memilih

Saat membeli perlengkapan olahraga dan alat pelindungnya, biarkan anak-anak memilih sendiri sesuai yang mereka inginkan. Misalnya soal warna atau model. Yang penting perlengkapan tersebut sesuai dengan standar keselamatan yang sudah ditentukan.

5.Tetap Harus Diawasi

Meskipun anak sudah memakai perlengkapan dan alat pelindung saat berolahraga, pengawasan orang tua tetap tak bisa ditinggalkan. Apalagi jika anak masih berusia lebih dini. Jika orang tua tak bisa mengawasi, pengasuh juga wajib diberitahu soal keamanan dan keselamatan anak.

6.Butuh Konsistensi

Orang tua harus konsisten menerapkan aturan memakai pakaian dan alat pelindung saat anak berolahraga, sehingga lama-lama akan menjadi kebiasaan.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro