Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

8 Alasan Bermain Outdoor Itu Bagus

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 25 Oktober 2018 | 14:56 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bermain di luar ruangan justru bagus bagi anak. Berikut 8 alasannya.

 

1.Lebih Sehat

Udara di dalam ruangan bisa 2 hingga 5 kali lebih tercemar dibandingkan udara di luar ruangan. Matahari juga merupakan sumber vitamin D untuk pembentukan tulang. Jadi, beraktivitas di luar ruangan jauh lebih sehat dibandingkan di dalam ruangan.

2.Kesempatan Belajar

Belajar di luar ruangan justru akan memberi anak kesempatan mengeksplorasi banyak hal atau benda. Dari alam, anak bisa belajar warna, bentuk, jenis benda atau binatang, menghitung, dan sebagainya.

3.Merasa, Melihat, Membaui

Ada banyak pemandangan, suara atau bunyi, bau, dan bentuk yang bisa dipelajari anak di luar ruangan dan tidak bisa ditemukan di dalam ruangan. Sinar matahari, awan, rumput, bunga, serangga, warna daun yang berbeda, dan banyak lagi.

4.Imajinasi Tanpa Batas

Bermain di luar ruangan membuat anak tak punya pilihan selain harus berimajinasi. Imajinasi akan memancing kreativitas anak.

SHUTTERSTOCK |

5.Bebas Berteriak

Bermain di luar ruangan membuat anak bebas berteriak sehingga mereka bebas berkreasi dan berkomunikasi.

6.Perkembangan Fisik

Tak seperti di dalam ruangan, di luar ruangan anak bisa berlari kencang-kencang, melompat, atau bahkan menendang bola keras-keras. Segala aktivitas ini penting bagi perkembangan fisik anak, selain juga membuat kebiasaan tidur anak lebih sehat.

7.Berkotor-kotor di Lumpur

Bermain lumpur atau berkotor-kotoran justru bagus dan sehat bagi anak. Yang penting, orang tua tetap mengawasi agar kotoran tidak membahayakan anak.

8.Mengagumi Alam dan Pencipta

Aktivitas di luar ruangan membuat anak punya kesempatan mengagumi keindahan ciptaan Tuhan. Menyaksikan cara alam bekerja pasti akan membuat anak terkesima dan memperoleh banyak pelajaran.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro