Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

5 Cara Jitu Atasi Balita yang Suka Menggigit Temannya

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 25 Oktober 2018 | 14:22 WIB
SHUTTERSTOCK |

 

 

Panik dan cemas biasanya muncul tatkala anak suka menggigit teman bermainnya. Tenang, ini wajar, kok, muncul pada anak-anak usia prasekolah. Yang penting Bunda tahu cara mengatasinya.

 

1.Beri Ruang

Jangan langsung mengoreksi tindakan si Kecil. Biarkan ia tenang lebih dulu, beri waktu. Jika Bunda terburu-buru mengambil tindakan, misalnya memarahi anak, anak bisa jadi malah makin tertekan. Apalagi jika ia diposisikan sebagai “Si Bersalah.”

2.Tunjukkan Cinta

Tetap tenang, tunjukkan cinta, lalu pelan-pelan tanyakan apa penyebab anak menggigit temannya. Jika anak menggigit tanpa alasan jelas, sampaikan bahwa ia sudah menyakiti temannya, lalu ajak ia meminta maaf kepada teman yang ia gigit.

Baca juga: 4 Tips Memperkaya Kosa Kata Anak

3.Bantu Anak Berempati

Anak usia prasekolah belum tahu bahwa tindakannya membuat orang lain kesakitan. Bisa jadi anak hanya bereaksi spontan. Bantu anak untuk memahami bahwa ia membuat temannya, sebut saja Y, sakit atau terluka. Misalnya, tanyakan, “Apa yang Adek rasakan jika ada orang yang menggigit kamu?”

4.Pahami Perilaku dan Responsnya

Selain secara verbal dengan kalimat dan kata-kata, Bunda bisa mengajak anak untuk memahami berbagai perilaku dan bagaimana membuat respons atas perilaku-perilaku tersebut. Misalnya dengan melihat film kartun yang mengajarkan tentang nilai.

Baca juga: 5 Alasan Tantrum Bagus Buat Anak

5.Ajak Bermain Role Play

Ajak anak untuk melakukan permainan peran bersama teman-temannya. Misalnya, anak menjadi penyerang, temannya jadi si korban. Lakukan beberapa kali secara bergantian, dan lihat apakah anak berubah. Jika ini dilakukan terus menerus, lama-lama anak akan paham dan mulai berperilaku baik.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro