If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Lakukan 5 Hal Ini Jika Si Kecil Mogok Makan Saat Liburan

author
Isna Triyono
Kamis, 25 Oktober 2018 | 14:04 WIB
SHUTTERSTOCK |

 

Momen liburan bisa sedikit terganggu gara-gara si Kecil mogok makan. Bagaimana solusinya? Intip 5 cara ini, yuk.

Sebagai bunda, kita tentu khawatir anak lemas dan jatuh sakit karena tidak mau makan saat liburan. Padahal tujuan kita liburan, kan, untuk bersenang-senang.

Namun Bunda juga harus sadari, tidak semua makanan yang disediakan di lokasi sesuai dengan selera anak. Beberapa anak bahkan merasa asing dengan makanan tersebut dan akhirnya malah ogah makan.

Berikut ini 5 hal yang bisa Bunda lakukan ketika si Kecil mogok makan saat liburan.

1. Biarkan Ia Meng-explore

Bisa jadi si Kecil mogok makan karena saking excited-nya berada di tempat yang baru. Bunda bisa mengakalinya dengan memberi si Kecil makan setelah bermain di tempat terbuka sehingga ia sudah puas meng-explore tempat yang baru ia sambangi itu dan merasa lapar.

2. Berikan Finger Food

Liburan artinya berada jauh dari rumah dan pasti mengubah kebiasaan si Kecil sehari-hari, termasuk jam makan. Perubahan ini juga bisa membuat si Kecil malas makan. Bunda bisa memberinya finger food dari bahan-bahan makanan yang ia sukai.

Baca Juga: Sebelum Traveling, Kenali Socket Adapter di Berbagai Negara

3. Makanan Alternatif

Salah satu yang dibutuhkan si Kecil adalah karbohidrat sebagai sumber energinya bergerak. Jika ia menolak makan nasi, berikan makanan alternatif yang juga mengandung karbohidrat, misalnya roti. Ini liburan, Bunda, jadi sesekali enggak apa-apa si Kecil melewati kebiasaan makan seperti biasa. Yang penting perutnya terisi, kan?

4. Tetap Terhidrasi

Saat liburan, aktivitas yang dilakukan pun biasanya lebih banyak. Karena itu pastikan si Kecil mendapat asupan cairan yang cukup agar tidak dehidrasi. Siapkan selalu air minum dalam botol favoritnya.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal ini agar One Day Trip Sukses

5. Tidur cukup

Yang sering terjadi, liburan juga membuat jam tidur anak jadi bekurang. Padahal jika kurang tidur dan terlalu lelah, itu sangat memengaruhi nafsu makan. Jadi usahakan tetap mengkondisikan anak untuk bisa tidur siang di sela-sela kegiatan seru saat liburan keluarga.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono