Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

5 Alasan Tantrum Bagus Buat Anak

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 24 Oktober 2018 | 16:59 WIB
SHUTTERSTOCK |

 

Percaya atau tidak, Bunda tak perlu cemas ketika anak tantrum. Ini alasan kenapa tantrum itu bagus bagi anak.

 

  1. Melepas Stres

Air mata mengandung hormon kortisol yang membantu melepas stres dan ketegangan. Ketika anak menangis, ia justru melepas stres. Menangis juga menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan mental.

  1. Tidur Lebih Nyenyak

Sama halnya orang dewasa, anak juga bakal sulit tidur karena stres. Membiarkan anak meluapkan perasaannya, dalam hal ini tantrum, justru bagus bagi kesehatan mental dan akan membutnya tidur lelap.

  1. Mempertegas Batasan Perilaku

Tantrum bisa jadi dipicu kalimat “Tidak” atau “Jangan” yang Bunda katakan pada anak. Tapi kata-kata itu tak selalu jelek, kok. Mengatakan “Jangan” atau “Tidak” sesekali perlu untuk mempertegas mana perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan anak sehingga ia akan belajar.

  1. Makin Menghangatkan Hubungan

Ya, barangkali anak yang tengah marah kelihatan tak suka Bunda ada di dekatnya. Biarkan ia meluapkan perasaannya dan jangan coba menghentikannya. Cukup peluk dan sampaikan kata menghibur secukupnya. Yakinlah, setelah itu, ia akan lebih dekat dengan Bunda.

    5. Bagus Buat Bunda Juga, Kok

Setelah momen emosional bersama buah hati, cobalah Bunda belajar mengerti dan mengenali diri sendiri. Ngobrol dengan teman, tertawa, atau menangis akan membuat Bunda belajar untuk lebih tenang menghadapi persoalan kehidupan.

 

LIDYA/DOK.KANYA.ID | LIDYA/DOK.KANYA.ID

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro