When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Kakak Beradik Akrab? Ini 4 Caranya

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 23 Oktober 2018 | 14:48 WIB
Shutterstock |

 

Sering, kan, Bunda melihat si Kecil berebut mainan dengan adik atau kakaknya? Nah, bagaimana, sih, caranya membuat kakak beradik bisa akrab?

 

1.Tugas Bersama

Beri anak permainan atau tugas yang bisa dilakukan berdua. Ini akan membantu mereka membangun hubungan persaudaraan sekaligus belajar menjalin kerja sama. Misalnya, menyusun lego atau permainan memasak.

 2.Biarkan Sendiri

Seringkali, terlalu lama bermain bersama justru memicu perseteruan. Sesekali biarkan mereka bermain sendiri-sendiri. Dengan begitu masing-masing dari mereka memiliki waktu bermain dengan teman-teman lainnya dan ketika berkumpul dengan saudaranya, mereka justru bisa lebih akrab.

Baca juga: 7 Kalimat Positif Agar Anak Pede dan Merasa Dicintai

 3.Jangan Dipisah

Hal lumrah jika anak beradu mulut dengan saudaranya. Biarkan saja, tak usah dipisah. Ini akan membuat anak belajar bernegosiasi dan menyelesaikan konflik. Bunda boleh turun tangan jika anak-anak tampaknya tak bisa menyelesaikan masalah mereka atau mulai beradu fisik.

Baca juga: 5 Tips Redam Emosi Di Depan Anak

 4.Jadwal Jalan-jalan

Buatlah jadwal jalan-jalan rutin, bisa makan di luar atau mengadakan camping di halaman bekang rumah bersama anak-anak. Aktivitas-aktivitas ini akan meninggalkan memori indah dan mendekatkan hubungan persaudaraan.

Baca juga: 8 Alasan Bermain Outdoor Itu Bagus

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro