When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

7 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

author
Isna Triyono
Kamis, 22 November 2018 | 12:07 WIB
SHUTTERSTOCK |

Selama hamil, sistem imun tubuh mengalami perubahan akibat hormon. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga asupan makanannya. Namun ada beberapa makanan harus dihindari selama kehamilan karena meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Apa aja makanan itu?

1. Ikan

Ikan mentah, yang biasanya terdapat dalam sushi, kemungkinan besar mengandung bakteri yang bisa membahayakan bayi. Ikan laut juga sebaiknya dihindari karena mengandung merkuri dari air laut yang tercemar. Jika kandungan merkuri pada ikan tinggi dan dimakan oleh ibu hamil, akan meningkatkan risiko terganggunya perkembangan otak janin.

Selain itu, hindari juga ikan yang diasap karena tidak matang sempurna dan mengandung bakteri berbahaya. Dan untuk menyimpannya, harus dipisah dan dibungkus rapat di dalam lemari es.

SHUTTERSTOCK |

2. Daging

Daging beku atau segar, atau sosis bisa menyebabkan listeria. Listeria adalah infeksi bakteri akibat keracunan makanan. Pada orang normal, listeria tidak berbahaya. Namun untuk wanita hamil, listeria cukup berbahaya.

Kamu masih bisa memakan daging atau olahannya asal dimasak dengan tingkat kematangan sempurna.

Baca juga: 5 Pengobatan di Rumah yang Bisa Meringankan Diare Saat Hamil

SHUTTERSTOCK |

3. Telur

Telur mentah atau setengah matang sangat dipantang oleh ibu hamil karena mengandung bakteri salmonella. Telur mentah atau setengah matang juga terkandung dalam saus hollandaise, mayones segar, caesar dressing, dough kue.

Baca juga: Jangan Kaget, Ini 10 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Melahirkan

SHUTTERSTOCK |

4. Salad

Salad sebenarnya baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Tapi yang harus diperhatikan adalah aneka dressing yang dipakai, campuran daging asap, mayones, atau pasta salad yang rentan bakteri bawaan makanan penambahnya.

Jikapun kamu ingin membuat salad sendiri, pastikan mencuci bersih sayuran mentahnya untuk menghilangkan pestisida atau bakteri yang menempel.

5. Garam

Makanan yang terlalu asin atau mengandung banyak garam seharusnya dihindari oleh ibu hamil. Natrium menyebabkan retensi air, serta meningkatkan tekanan darah yang dapat menyebabkan pre-eklampsia, kondisi komplikasi serius bagi ibu hamil.

SHUTTERSTOCK |

6. Kafein

Kafein langsung diserap plasenta dan metabolisem bayi belum cukup matang untuk mengolah kafein. Namun kafein dalam jumlah sedikit masih ditolerir bagi ibu hamil.

7. Alkohol

Alkohol sama sekali tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa menyebabkan kelahiran cacat dan prematur.

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi