Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Jangan Kaget, Ini 10 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Melahirkan

author
Isna Triyono
Senin, 19 November 2018 | 20:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Setelah melahirkan, tubuh mengalami banyak perubahan. Supaya enggak kaget, simak, yuk 10 perubahan yang terjadi pada tubuh setelah melahirkan.

Banyak hal yang terjadi di dalam tubuh kamu setelah melahirkan. Apalagi selama 9 bulan mengandung, tubuh bekerja keras untuk menjaga bayed alam Rahim agar tetap aman dan sehat.

Dan begitu bayi telah lahir, tubuhmu kembali mengalami penyesuaian, baik fisik maupun psikis. Seperti apa perubahannya?

Baca juga: Jangan Kaget, Ini 10 Hal Wajib Tahu Saat Hamil Kembar

1. Kaki

Penambahan berat badan selama kehamilan dapat menyebabkan timbulnya varises atau stretch mark, terutama di daerah paha atas, belakang betis, dan perut. Untuk meringankannya, kamu bisa mengompres dengan air hangat dan lotion anti stretch mark.

2. Wajah

Bagi beberapa ibu, selama kehamilan memiliki kulit yang glowing dan mulus. Setelah melahirkan, hormone akan kembali seperti semula dan kamu bisa mendapati jerawat tumbuh di wajah. Konsultasikan dengan dpkter kulit agar mendapat obat yang aman bagi ibu menyusui.

3. Payudara

Payudara akan lebih besar dari biasanya, bahkan lebih besar daripada saat kamu hamil. Setelah melahirkan, hormone mengirim pesan ke payudara untuk saatnya memproduksi susu. Setelah 2-3 hari, payudara akan semakin membesar karena produksi susu yang meningkat dan akan membuat perasaan kurang nyaman. Jalan terbaiknya adalah tetap menyusui.

4. Vagina

Jika kamu melahirkan secara normal, vagina akan bengkak dan memar selama beberapa hari sampai seminggu. Hal itu adalah wajar dan normal. Untuk menguranginya, kamu bisa duduk di atas bantal atau kasur yang empuk dan tidur dengan posisi miring untuk mengurangi rasa nyeri.

Baca juga: Jangan Kaget, Ini 10 Hal Wajib Tahu Saat Hamil Kembar

5. Berat Badan

Selama minggu pertama setelah melahirkan, berat badan kamu kemungkinan akan menurun beberapa kilogram. Ini akibat dari peningkatan frekuensi buang ar kecil, berkeringat, dan menyusui.

Merawat bayi bisa membakar 300-500 kali ekstra per hari namun kamu harus tetap mengimbanginya dengan asupan nutrisi.

6. Rambut

Jangan kaget jika setelah melahirkan kamu akan mengalami kerontokan rambut hingga sepertiga rambut kamu. Hal ini wajar karena selama kehamilan, tingkat hormone yang tinggi menyebabkan pertumbuhan rambut lebih banyak. Setelah melahirkan, kadar hormone menurun kembali dan rambut pun ikut rontok hingga rambut kamu normal kembali.

SHUTTERSTOCK |

7. Perut

Perut akan terlihat cukup longgar dan kulitnya kendur karena selama kehamilan perut berkembang elastis untuk menampung bayi di dalamnya. Menyusui membantu mengencangkan kulit kendur ini.

@ALEXANDRABREA |

8. Psikis

Emosi kamu mungkin akan rapuh, cengeng dan mudah tersinggung setelah melahirkan. Dan itu wajar karena selama proses kehamilan, tubuh kamu juga mengalami perubahan hormone yang cukup signifika. Beberapa ibu, psikis yang rapuh dan emosional ini bisa terjadi lebih parah dan butuh bantuan ahli. Normalnya, gangguan psikis ini akan reda dengan sendirinya antara 7-10 hari.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono