Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

9 Kelebihan Traveling Naik Kereta Api Ketimbang Pesawat

author
Isna Triyono
Sabtu, 17 November 2018 | 20:00 WIB
PINTEREST |

Traveling naik kereta api ternyata punya kelebihan, lo, dibanding kamu traveling menggunakan pesawat. Apa saja?

Bicara soal traveling, terlebih jarak jauh, yang langsung ada di pikiran pasti naik pesawat untuk sampai ke tempat tujuan. Padahal ada pilihan akomodasi lain yang enggak kalah serunya digunakan sebagai transportasi saat traveling, yaitu kereta.

Mungkin kamu bisa coba naik kereta api untuk liburan mendatang. Dan sebelum itu, Kanya berikan kelebihan naik kereta api dibanding pesawat agar kamu semakin excited menggunakan kereta.

Baca juga: Sebelum Traveling ke Korea Ketahui 9 Tradisi Ini

1. Lebih Hemat Uang

Untuk beberapa rute, harga tiket kareta dan pesawat memang enggak terlalu jauh berbeda. Tapi coba jika kamu gabungkan dengan biaya transportasi menuju stasiun dan bandara (tidak semua daerah mudah menjangkau bandara, sementara stasiun hampir selalu ada di setiap kota).

Kamu juga bisa menghemat biaya pajak bandara karena untuk masuk stasiun hanya dimintai biaya masuk peron yang nominalnya lebih kecil. Begitu juga untuk urusan jajan, yang biasanya lebih murah dibanding makan di bandara.

PINTEREST |

2. Lebih Nyaman

Yang selalu menjadi keluhan penumpang pesawat selama ini adalah ruang yang terlalu sempit untuk kaki kita. Sehingga sepanjang perjalanan, kaki harus selalu menekuk, hanya sesekali saja bisa selonjoran. Tentu enggak nyaman, kan?

Berbeda ketika kamu menggunakan kereta. Jarak antar bangkunya lebih lapang sehingga kamu bisa lebih bebas bergerak. Belum lagi, jika bosan dan capek duduk, kamu bisa jalan-jalan di dalam gerbong atau jajan ke gerbong makan.

PINTEREST |

3. Bagasi di Kabin Lebih Banyak

Untuk membawa barang masuk ke kabin pesawat, penumpang harus memenuhi syarat-syarat tertentu, misalnya dimensi kopor yang dibatasi. Belum lagi lemari penyimpanan yang sangat terbatas.

Sementara jika naik kereta, kamu bisa membawa barang lebih banyak ke dalam kabin. Hal ini menguntungkan apalagi buat kamu yang kerap membawa oleh-oleh untuk keluarga sepulang liburan.

4. Berfungsi Sebagai ‘Hotel’

Jika itinerary kamu di lokasi wisata dimulai pagi hari, kamu bisa menggunakan kereta sebagai ‘hotel’. Kamu bisa memesan jadwal kereta malam sehingga selama perjalanan kamu bisa tidur. Keesokan paginya, kamu tinggal membersihkan diri dan siap mengeksplorasi lokasi wisata. Kamu bisa hemat biaya hotel satu malam, kan?

Baca juga: 7 Barang Wajib Bawa Saat Naik Pesawat Bersama Anak

5. Suguhan Pemandangan Alam

Tidak seperti menggunakan pesawat, perjalanan menggunakan kereta api menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Kamu pun bisa memperkaya feed Instagram kamu denga nfoto-foto selama perjalanan.

6. Tidak Bergantung Cuaca

Beberapa jadwal penerbangan bisa di-cancel atau delay lantaran cuaca yang buruk. Namun dengan kereta, kamu bisa traveling tanpa terganggu dengan cuaca. Meski hujan angin, jadwal kereta akan berangkat sesuai waktunya.

7. Ramah Keluarga

Liburan bersama seluruh keluarga artinya menciptakan suasana santai dan penuh dengan obrolan. Hal itu sangat kecil kemungkinan dirasakan jika menggunakan pesawat. Kamu enggak bisa seenaknya bercanda dengan anak, apalagi jika suara tertawa anak terlalu kencang.

Namun kamu tetap ngobrol dan bahkan bermain-main dengan anak di dalam gerbong kereta. Suasananya pun pasti akan lebih hangat.

8. Tidak Ada Pemeriksaan Mencekam

Bagi beberapa orang, melalui beberapa kali pemeriksaan di bandara penuh dengan perasaan tegang dan takut. Sementara untuk naik kereta, kamu memang tetap harus melewati proses pemeriksaan namun tidak terlalu menegangkan. Asalkan kamu tidak membawa barang-barang yang dilarang, semua aman-aman saja melewati gate security checking.

9. Bebas Perasaan Takut Terbang

Kereta sangat cocok untuk orang-orang yang hobi traveling namun kerap dilanda perasaan takut terbang. Meski sudah terbiasa menggunakan pesawat, tetap saja ada beberapa momen misalnya saat take off atau landing, yang membuat jantung deg-degan. Dengan kereta, kamu bebas dari perasaan deg-degan dan takut terbang.

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi