Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

7 Trik Menyiasati Kamar Tanpa Jendela

author
Isna Triyono
Kamis, 22 November 2018 | 08:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kamar tanpa jendela pun bisa nyaman dan indah dengan siasat ini.

Idealnya, setiap kamar memiliki jendela sebagai sumber cahaya dan juga ventilasi.
Namun karena keterbatasan lahan, biasanya ada beberapa ruangan yang tidak memiliki jendela.

Jika salah satu ruangan yang tidak memiliki jendela itu adalah kamar tidur, kamu bisa menyiasatinya agar tetap nyaman dan tidak terkesan sumpek.

Baca juga: Sama-sama Bersihkan Udara di Rumah, Apa Beda Air Purifier dan Air Humidifier?

1. Kaca

Kaca selalu digunakan sebagai trik menyiasati kamar sempit agar terlihat lebih lapang. Kaca ternyata juga bisa kita gunakan sebagai sumber cahaya pada ruangan tanpa jendela.

Letakkan kaca di dinding yang berseberangan dengan tempat tidur. Jika memungkinkan memasang kaca berukuran besar, tempelkan 10-12cm dari plafon. Kaca akan menambah ruangan tampak lebih terang karena memantulkan cahaya lampu.

2. Warna Terang

Gunakan cat dan furnitur berwarna terang karena itu akan menambah kecerahan suasana di dalam kamar tanpa jendela. Kamu bisa gunakan lebih dari satu warna cerah di dalam kamar tanpa jendela, misalnya putih digabungkan dengan warna-warna pastel lainnya.

3. Memasang Skylight

Memasang skylight juga bisa menjadi cara jitu mendapatkan cahaya alami dari matahari. Pasang skylight di langit-langit kamar.

SHUTTERSTOCK |

4. AC atau Kipas Angin

Agar udara di dalam kamar tanpa jendela tetap nyaman, gunakan AC atau kipas angin.

5. Membuat Ventilasi

Untuk pertukaran udara, buatlah ventilasi meski ukurannya tidak selalu harus besar. Ventilasi juga bisa dibuat di atas pintu meski tidak langsung menghadap ke luar rumah.

Baca juga: Merawat Lantai Keramik Motif Kayu

6. Tanaman Indoor

Untuk menciptakan suasana segar, kamu bisa meletakkan tanaman indoor dalam pot mini. Letakkan pot berisi tanaman indoor ini di depan cermin atau di dekat sumber cahaya seperti lampu.

7. Aksesori Dinding

Hiasi kamar dengan aksesori dinding. Disarankan memilih aksesori dinding yang minimalis, berukuran kecil atau sedang, dan tidak terlalu banyak jumlahnya. Dengan begitu, kamar tetap terlihat indah namun enggak sumpek.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono