For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Sama-sama Bersihkan Udara di Rumah, Apa Beda Air Purifier dan Air Humidifier?

author
Isna Triyono
Jumat, 16 November 2018 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Dua alat ini, air purifier dan air humidifier bisa membuat kualitas udara di dalam rumah kamu menjadi lebih sehat, lo. Tapi apa bedanya, ya?

Rumah yang nyaman dan indah, dengan dekorasi cantik dan furnitur bagus, belum lengkap rasanya jika sirkulasi udaranya kurang baik. 

Biasanya, udara di dalam rumah atau kamar yang kurang sehat bisa ditandai dengan penghuninya mudah terkena flu, bersin-bersin, kulit kering, bibir pecah-pecah, atau yang memiliki asma akan sering kambuh.

Untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah, kamu bisa menggunakan alat air purifier dan air humidifier. Yuk, ketahui perbedaannya agar penggunaannya lebih tepat.

Baca juga: Agar Tidak Menyesal, Ini 7 Tips Memilih Sofa

1. Air Purifier

Air purifier adalah alat untuk menjernihkan udara. Cara kerja air purifier ini adalah dengan menghisap udara di dalam ruangan lalu mengeluarkannya kembali melalui filter yang ada di dalam alat tersebut.

Filter di dalam air purifier ini bisa menyaring debu, kotoran, hingga virus dan bakteri sehingga udara yang dikeluarkannya lagi adalah yang bersih dan berkualitas.

Untuk kamu yang memiliki anak kecil, apalagi memiliki hewan peliharaan yang berbulu, sebaiknya meletakkan alat air purifier di dalam ruangan, baik kamar tidur ataupun ruang tempat anak lebih banyak menghabiskan waktunya untuk beraktivitas.

SHUTTERSTOCK |

2. Air Humidifier dan Air Dehumidifier

Air humidifier disebut juga pelembap udara karena ia bekerja dengan menyemprotkan uap air ke udara. Sehingga udara yang kering karena AC menjadi lebih lembap. Uap air yang disemprotkan tadi bisa mengikat bakteri dan virus sehingga selain udara menjadi lebih lembap, juga lebih bersih dan sehat.

Kamu memerlukan air humidifier untuk ruangan-ruangan ber-AC. Udara yang terlalu kering akibat paparan AC akan membuat kulit kering, bibir pecah-pecah, dan sulit bernapas.

Baca juga: 6 Langkah Siasati Dapur Mungil

SHUTTERSTOCK |

Sebaliknya, ada juga air dehumidifie, yaitu alat yang menyerap kelembapan udara di dalam ruangan. Udara yang terlalu lembap sangat ideal menjadi sarang tempat virus dan bakteri.

Ruangan yang terlalu lembap biasanya membuat penghuni mengalami hidung tersumbat, iritasi kulit, dan bersin-bersin. Ruangan yang terlalu lembap juga biasanya terasa pengap dan membuat kita sulit bernapas.

Kedua alat tadi, air purifier dan air humidifier, memiliki fungsi dan cara kerja masing-masing. Untuk membuat kualitas udara di dalam rumah kita menjadi lebih bersih dan bebas dari virus serta bakteri, sebaiknya letakkan kedua alat itu di kamar atau di ruang keluarga.

Dan saat ini, kedua alat tadi sudah didesain dengan bentuk yang lucu dan indah sehingga sekaligus bisa dijadikan pajangan.

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi