I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Sebelum Traveling ke Jepang Ketahuilah 9 Tradisi Ini

author
Isna Triyono
Kamis, 25 Oktober 2018 | 15:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Masyarakat Jepang terkenal sangat memegang teguh budaya. Nah, sebelum traveling ke Jepang, ketahuilah 9 tradisi ini. 

Jepang menjadi salah satu negara favorit untuk destinasi wisata bagi traveler dunia. Bukan saja keindangan alamnya saja yang memukau dan menakjubkan, tetapi juga budayanya.

Oleh karena itu, bagi kamu yang berencana untuk traveling ke Negara Sakura itu, harus mengetahui tradisi yang berlaku agar tidak menimbulkan masalah di sana.

Beberapa tradisi yang terlihat remeh ini, harus kamu hormati dan ikuti selama menjelajahi Jepang. Apa saja itu?

1. Membungkukkan Badan

Saat bertemu dengan orang Jepang, baik yang kamu kenal ataupun tidak, sebaiknya kamu memberi hormat kepada mereka dengan membungkukkan badan. Salam hormat khas Jepang ini menandakan kamu juga mengikuti sopan santun yang berlaku di sana.

2. Tertib Antre

Orang Jepang juga sangat terkenal dengan budaya antre yang sangat tertib. Meski tidak ada penjaga atau polisi, tetaplah antre dengan tertib.

Baca juga: Sebelum Traveling, Kenali Socket Adapter di Berbagai Negara

3. Membersihkan Sendiri Sisa Makanan
Kebiasaan ini seharusnya memang berlaku di mana aja termasuk di Indonesia. Di Jepang, jangan sekali-sekali meninggalkan restoran tanpa membereskan piring-piring bekas kamu makan. Kebiasaan ini berlaku tidak hanya di resto cepat saji, tetapi semua restoran.

  • LIDYA/DOK.KANYA.ID | LIDYA/DOK.KANYA.ID
  • LIDYA/DOK.KANYA.ID | LIDYA/DOK.KANYA.ID
  • LIDYA/DOK.KANYA.ID | LIDYA/DOK.KANYA.ID
  • LIDYA/DOK.KANYA.ID | LIDYA/DOK.KANYA.ID

4. Pelajari Frase Umum

Karena Jepang sangat menjunjung tinggi etika, sebaiknya kamu juga mempelajari dan menghafalkan lafal frase sederhana seperti ‘terima kasih’, ‘tolong’, dan ‘permisi’.

Baca juga: Sebelum Traveling ke Korea Ketahui 9 Tradisi Ini

5. Tato Hal yang Tabu

Jika memiliki tato dan traveling ke Jepang, sebaiknya kamu mencari baju yang bisa menutupi tato itu. Di Jepang, mempunyai tato adalah hal yang sangat tabu dan selalu diindikasikan dengan kriminal. Dan tidak menutup kemungkinan kamu dilarang memasuki suatu area jika terlihat memiliki tato.

6. Jangan Memberikan Tip

Mungkin niat kamu memang baik memberikan tip pada pelayan restoran atau pegawai hotel. Tapi percayalah, mereka sudah digaji dengan jumlah yang sangat layak. So, jangan heran jika kamu meninggalkan uang tip, mereka akan mengejar dan buru-buru mengembalikannya lagi kepada kamu.

7. Bersuara keras

Saat berada di tempat umum, sebaiknya turunkan nada suara kamu dan atur suara ponsel dengan silent karena orang Jepang tidak menyukai suara gaduh.

8. Menunjuk dan Berfoto

Menunjuk orang dengan jarimu adalah hal yang sangat kasar di Jepang. Begitu pun saat kamu memfoto orang Jepang tanpa permisi lebih dulu, adalah hal yang sangat kasar. So, jangan sekali-kali melakukan hal tadi, ya, selama di Jepang.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono