Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

10 Tips Sukses Hindari Jet Lag

author
Isna Triyono
Kamis, 25 Oktober 2018 | 14:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Traveling melintasi zona waktu kerap membuat seseorang mengalami jet lag yang ditandai dengan kelelahan ekstrim, gangguan pencernaan, kehilangan nafsu makan, gangguan memori, dan masalah konsentrasi.

Efek jet lag pada setiap orang bervariasi tergantung usia, kondisi kesehatan, dan tingkat stres. Waktu untuk pulih dari jet lag pun tidak bisa disamaratakan pada setiap orang.

Agar tak mengalami efek jet lag lebih parah, berikut 10 tips yang bisa kamu lakukan.

1. Tidur nyenyak sebelum penerbangan panjang.

2. Fleksibel pada rutinitas harian. Jangan terlalu kaku soal kapan waktu makan, tidur, dan lainnya. Hal ini akan memudahkan tubuh kamu menyesuaikan dengan zona waktu baru.

3. Hindari tiba di malam hari.

4. Gunakan penerbangan dengan transit. Dengan begitu, badan kamu memiliki waktu untuk menyesuaikan dengan zona waktu baru. Dan sudah tentu kamu bisa memangkas harga tiket pesawat.

5. Minum air putih yang banyak dan ucapkan selamat tinggal pada kopi atau minuman yang mengandung kafein.

Baca Juga: 5 Tips Anti Stres di Bandara

6. Bergerak secara teratur selama di pesawat, misalnya dengan peregangan badan, menggerakkan kaki atau bolak-balik berjalan ke kamar mandi.

7. Usahakan tidur selama penerbangan.

8. Mulai sesuaikan waktu makan dengan zona waktu baru, meski itu artinya kamu menyantap menu sarapan di tengah malam.

9. Atur jam sesuai zona waktu baru. Hal ini membantu secara psikologis. Lakukan ini saat sudah berada di pesawat karena jika dilakukan sebelumnya, kamu bisa-bisa salah melihat jam penerbangan.

10. Setelah tiba, luangkan banyak waktu berada di bawah sinar matahari yang akan membantu tubuh kamu mengatur ulang jam waktu alami sesuai zona waktu baru.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono