Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Traveling Membawa Gaun Formal, Begini Caranya Supaya Tidak Lecek

author
Isna Triyono
Sabtu, 10 November 2018 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Packing dengan membawa baju formal seperti gaun malam, butuh trik ekstra, lo. 

Butuh skill untuk membuat packing jadi lebih ringan dan hemat tempat. Apalagi kalau kamu harus traveling tapi dengan tujuan khusus, misalnya di sana harus menghadiri pernikahan kerabat atau sahabat? Dan kamu harus membawa baju formal seperti gaun malam atau gaun pengiring pengantin.

Kalau t-shirt, celana panjang atau rok, semua bisa dilipat atau digulung. Tapi gaun malam yang halus dan berbahan mudah lecek. Bagaimana membawanya?

Baca juga: 9 Tips Belanja Murah di Bangkok

1. Manfaatkan Lemari Penerbangan

Lindungi gaun malam atau baju pengiring pengantin dari kerutan dan lecek dengan menyimpannya di lemari penerbangan. Memang enggak semua pesawat punya lemari penerbangan, jikapun ada biasanya untuk kelas bisnis.

Saat sudah berada di dalam pesawat, coba tanyakan pada cabin crew, apakah kamu bisa menggantungkan gaun kamu di lemari di dalam pesawat.

2. Gunakan Garment Bag

Ketika packing beberapa gaun formal untuk dibawa ke pesawat, sebaiknya gunakan garment bag agar kamu bisa membawanya ke kabin. Garment bag akan dihitung sebagai one carry-one item, jadi tetap akan melewati pemeriksaan petugas.

Menurut blog Transportation Security Administration (TSA), idealnya gaun formal itu bisa direbahkan secara lurus di dalam garment bag yang sesuai ukurannya dengan mesin x-ray. Karena jika garment bag terlalu lebar, maka petugas akan mengeluarkan gaun dari dalam tas dan dilakukan pengecekan secara manual terhadap gaun itu.

Baca juga: Aneka Jenis Tas Untuk Traveling

SHUTTERSTOCK |



3. Dry Clean Sebelum Dibawa

Agar enggak musah kusut, kamu bisa dry clean gaun yang ingin kamu bawa sebelum berangkat. Biasanya bahan yang fresh setelah di-dry clean enggak mudah kusut dan berkerut.

Baca juga: Sebelum Traveling ke Korea Ketahui 9 Tradisi Ini

4. Cari Rental

Kalau membayangkan semua persiapan membawa baju formal agak merepotkan dan justru membuat kamu lebih cemas, kamu bisa menyewa di lokasi. Saat ini udah banyak banget penyewaan baju formal yang bisa kamu cari via online.

Jika memutuskan untuk menyewa, pastikan model, ukuran, dan warna sejak jauh-jauh hari. Kamu tinggal menyesuaikan sepatu dan clutchnya.

5. Bawa Sedikit Pelengkap

Gaun malam terlihat kurang tanpa clutch dan sepatu pesta. Cukup membawa sedikit pelengkap agar kopermu tidak sesak dan baju-baju menjadi lecek, yaitu sepasang sepatu dan satu buah clutch yang sudah pasti cocok untuk gaun malam dan baju pengiring pengantin kamu.

Pilihan sepatu dan clutch sebaiknya warna dan modelnya netral sehingga bisa dipadupadankan dengan beberapa gaun kamu.

Baca juga: 8 Trik Packing Simpel dan Efektif

SHUTTERSTOCK |

 

6. Mix and Match Dengan Baju Kasual

Coba mix and match gaun formal dengan baju-baju kasual. Misalnya kamu bisa memadukan oversized sweater dengan gaun,  celana formal dengan kemeja loose, atau blouse dengan celana santai.

Dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan beberapa tampilan formal namun dengan jumlah barang lebih sedikit dan packing lebih ringan.

SHUTTERSTOCK |

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi