You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

9 Tips Belanja Murah di Bangkok

author
Isna Triyono
Jumat, 9 November 2018 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Ikuti 9 tips belanja murah ini kalau kamu lagi traveling ke Bangkok.

Traveling ke Bangkok, Thailand ternyata enggak cuma berburu pantai dan pemandangan alamnya saja. Banyak pula yang ke sana untuk memenuhi hasrat berbelanja barang-barang unik dan murah.

Bangkok memang memanjakan penyuka belanja. Banyak tempat yang bisa dijadikan pilihan untuk berbelanja. Sebut saja Chatuchak Market, Platinum Mall, MBK Center, Central World Bangkok, dan beragam lokasi wisata belanja lainnya.

Supaya enggak terjebak harga mahal, kamu bisa praktikan 9 tips belanja murah di Bangkok. 

Baca juga: Sebelum Traveling ke Korea Ketahui 9 Tradisi Ini

1. Cek Harga

Banyak yang bilang Bangkok adalah surganya untuk yang hobi belanja. Harganya murah-murah dan barangnya bagus. Hmm.. bisa dibilang anggapan ini hampir betul. Karena sebenarnya harga-harga di Bangkok hampir mirip dengan di Jakarta.

Supaya enggak kecewa, sebaiknya browsing dulu barang-barang yang kamu incar dan harganya di Jakarta. Karena bisa jadi, di Bangkok justru harganya lebih mahal.

2. Jangan Sadis

Saat menawar, jangan sadis-sadis, ya. Seperti pedagang di Jakarta, kalau barang dagangannya ditawar drastis, si penjual akan kesal. Biasanya harga barang-barang di Bangkok bisa kamu tawar antara 23-40 persen dari harga yang ditawarkan.

SHUTTERSTOCK |


3. Gunakan Uang Pas

Saat proses tawar-menawar hampir deal, sebaiknya sodorkan uang pas sesuai harga yang kamu tawar. Biasanya pedagang sungkan menolaknya.

4. Gunakan Kalkulator

Banyak pedagang di pasar Bangkok yang belum menguasai bahasa Inggris. Untuk memperlancar tawar-menawar, gunakan kalkulator di HP kamu ketika sesuai nominal harga yang ingin kamu dapatkan.

5. Beli Dalam Jumlah Banyak

Untuk pembelian lebih dari dua, biasanya pedang di pasar Bangkok akan memberikan diskon ekstra. Apalagi jika kamu sekalian membeli oleh-oleh untuk kerabat dalam satu toko, si penjual biasanya akan memberi tambahan diskon. 

6. Bawa Gambar Barang

Agar memudahkan menemukan barang yang kamu cari, sebaiknya screenshoot barang tersebut. Sehingga ketika kamu pergi berbelanja, tinggal tunjukkan foto itu ke si penjual. Menghemat waktu dan kamu pun sudah punya patokan harganya.

7. Teknik Pura-Pura Pergi

Teknik kuno yang kerap berhasil diterapkan saat belanja di Pasar Tanah Abang ini, juga patut kamu coba di Bangkok. Jangan terlalu meunjukkan rasa suka terhadap barang tersebut, lalu setelah penawaran pertama enggak berhasil, pura-pura deh pergi.

Biasanya si penjual akan memanggil lagi karena dia juga harus bersaing dengan banyak pedagang lain di sekitarnya yang menjual barang serupa. Kecuali kalau kamu memang menawar di bawah harga yang pantas, ya.

SHUTTERSTOCK |


8. Tetap Senyum dan Ramah

Meski biasanya terkendala bahasa, usahakan saat menawar kamu harus tetap menunjukkan rasa hormat, tersenyum, dan ramah. Trik ini selalu efektif karena pedagang justru akan sungkan menolak penawaran kamu.

Baca juga: Perhatikan 8 Hal Ini Agar Bebas Mual Saat Bepergian

9. Belanja di Weekend Market

Pasar-pasar di Thailand sebenarnya buka dari hari Senin sampai Minggu alias nonstop. Tapi saat weekend, biasanya lebih banyak pedagang yang berjualan karena turis yang berbelanja pun membludak. Sehingga banyak toko yang bersaing untuk menjual barang bagi pengunjung. Weekend market yang paling terkenal adalah Chatuchak Weekend Market.

Nah, siap belanja di Bangkok?

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi