Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Insomnia Saat Hamil, Atasi Dengan 10 Cara Ini

author
Isna Triyono
Jumat, 9 November 2018 | 14:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Salah satu gangguan yang biasanya dialami ibu hamil adalah insomnia. Susah tidur di malam hari ini sering dialami ibu yang kehamilannya sudah memasuki trimester kedua hingga ketiga.

Penyebabnya bermacam-macam. Mulai dari bentuk perut yang semakin membesar sehingga susah mencari posisi tidur yang nyaman, harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, kaki kram hingga cemas memikirkan bagaimana proses persalinan nanti.

Memang tidak ada obat untuk bumil yang mengalami insomnia. Namun kamu bisa melakukan beberapa tips ini agar bisa lelap kembali saat malam hari.

1. Bangun

Jika kamu tidak juga bisa tidur setelah 20-30 menit berada di tempat tidur, sebaiknya bangun. Lakukan aktivitas ringan seperti merapikan baju-baju calon bayi atu membuka lagi catatan perlengkapan yang harus kamu beli. Kemudian coba tidur lagi. Aktivitas ringan ini biasanya cukup membuat kamu lelah dan bisa tertidur.

Baca juga: Bumil, yuk, Konsumsi 10 Superfood Ini Untuk Kesehatan!

2. Jangan Berpatokan Pada Jumlah Jam Tidur

Memang banyak yang bilang perempuan hamil harus tidur yang cukup 8-9 jam. Namun ada juga ibu hamil yang sudah cukup dengan jam tidur kurang dari itu. Kamu sendiri yang bisa merasakannya. Jika di siang hari kamu sudah cukup istirahat, mungkin bisa tidur agak lebih malam.

3. Berbagi Kecemasan

Jika kamu sulit tidur karena membayangkan soal hari persalinan nanti, sebaiknya ceritakan hal itu pada pasangan atau kerabat. Berbagi kecemasan setidaknya bisa membuat hati lega dan perasaan menjadi lebih tenang.

4. Hindari Kafein dan Cokelat

Terutama saat sore atau malam hari karena kedua makanan itu bisa membuat kamu tetap terjaga semalaman.

5. Makan Malam Lebih Awal

Kamu bisa memajukan jam makan malam dan menghabiskan seluruh menu di atas piringmu. Perut yang kenyang bisa membuat rasa kantuk datang lebih cepat.

6. Makan Perlahan

Sebenarnya enggak hanya makan malam saja sih, setiap makan pun sebaiknya ibu hamil lakukan secara perlahan agar mengurangi risiko heartburn. Heartburn akan membuat kamu semakin sulit tidur.

7. Ngemil Sehat

Jika mata enggak juga mengantuk, cobalah untuk ngemil makanan sehat seperti roti gandum, susu hangat, stik keju, atau apricot kering. Bisa jadi kamu belum juga tertidur karena sedikit merasa lapar.

8. Kurangi Minum

Cairan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama air putih. Tapi menjelang waktu tidur, sebaiknya kurangi minum agar terhindar dari perasaan ingin buang air kecil di malam hari.

Baca juga: Pelukan, 1 Dari 7 Cara Mengatasi Mood Swing Saat Hamil

9. Hindari Menatap Layar Teve dan Ponsel

Menatap layar teve, ponsel, laptop, atau perangkat elektronik lainnya sebelum tidur dapat merusak mata kamu. Cahaya dari layar mengubah rasa kantuk menjadi tetap siaga. Para ahli mengatakan kamu harus menjauhi layar elektornik tadi satu jam sebelum masuk waktu tidur.

10. Aromaterapi

Teteskan sedikit aromaterapi di sarung bantal atau selimut. Aroma yang lembut bisa membuat kamu lebih rileks dan cepat tertidur.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi