If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Si Kecil Enggak Mau Dipeluk Lagi, Ini 7 Saran Buat Bunda

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 21 November 2018 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Orang tua mana yang enggak baper mendapati si Kecil tak mau lagi dipeluk atau dicium. Seiring pertambahan usia, anak-anak seringkali memang tak mau lagi dicium atau dipeluk. Bagaimana mengantisipasinya, berikut tipsnya.

1.Bunda harus paham kenapa anak menolak dicium atau dipeluk. Bisa jadi, anak ingin menunjukkan bahwa ia mulai mandiri. Tak perlu menunjukkan kekecewaan karena justru akan membuat si Kecil merasa bersalah.

2.Jangan anggap penolakan anak sebagai hal yang serius dan menyakitkan. Mereka tidak sedang menolak Bunda, kok. Ini juga bukan berarti anak-anak tidak butuh kehadiran Bunda.

3.Ada sebagian anak yang tidak masalah jika dipeluk atau dicium di rumah, tetapi enggan dipeluk di depan teman-teman sekolahnya. Jadi, hormati juga pilihan anak.

| SHUTTERSTOCK

4.Alih-alih mencium dan memeluk erat-erat, coba beri anak sentuhan ringan dan tidak terlalu lama. Misalnya, pelukan di bahu atau sentuhan di pipi.

5.Bisa jadi anak menolak dipeluk atau dicium karena memang waktunya tidak tepat. Misalnya anak masih kecapekan sepulang sekolah atau sedang serius mengerjakan tugas. Bunda harus tahu juga kapan si Kecil sedang mood untuk dipeluk atau dicium.

Baca juga: 5 Hal Wajib Lakukan Saat Anak Mogok Sekolah

6.Sebaiknya Bunda tidak memaksakan diri. Ingat, anak bukan menolak kehadiran orang tua melainkan tengah membentuk dirinya.

7.Tetap yakinkan anak bahwa pelukan Bunda adalah bentuk perhatian dan rasa cinta. Anak pasti akan merasa bahagia memiliki ayah dan bunda yang menyayangi mereka.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro