A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Merawat Lantai Keramik Motif Kayu

author
Isna Triyono
Kamis, 15 November 2018 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

 

Keramik motif kayu butuh perawatan agar tetap mengkilap, berwarna cerah, dan glazurnya tidak hilang. 

Keramik motif kayu saat ini menjadi pilihan favorit untuk mendekorasi rumah. Keramik motif ini memberi kesan natural dan hangat.

Agar keramik motif kayu tetap bersih dan mengkilap, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: 7 Trik Menata Teras Mungil Agar Terlihat Lapang

1. Baking Soda

Baking soda sudah terkenal sangat ampuh membersihkan kotoran membandel. Termasuk  keramik motif kayu yang terkena noda yang sulit hilang.

Namun hati-hati, campuran ini sangat kuat dan bisa menyebabkan keramik menjadi pudar warnanya dan glazurnya cepat hilang. Jadi cukup oleskan pada noda membandelnya saja, jangan dibuat untuk membersihkan bagian keramik yang sudah bersih.

SHUTTERSTOCK |


2. Lemon

Air lemon juga bisa mengikis noda membandel dan menghilangkan noda cipratan minyak. Campurkan air perasan lemon dengan air hangat lalu gunakan untuk melap keramik motif kayu.

Baca juga: 6 Jenis Karpet yang Lagi Tren dan Tips Perawatannya


3. Tepung

Tuangkan tepung di atas noda cipratan minyak. Tunggu hingga kering dan menyerap, lalu kamu bisa bersihkan keramik motif kayu seperti biasa dengan kain basah.



4. Air Panas dan Deterjen

Jika keramik bermotif kayu terkena air teh atau kopi, cara yang cepat untuk membersihkannya adalah menggunakan air panas dicampur deterjen. Lakukan seperti kamu mengepel lantai biasanya. Kemudian pel kembali dengan air biasa tanpa deterjen.

SHUTTERSTOCK |


5. Hindari Wax

Untuk treatment merawat keramik motif kayu sehari-hari, kamu bisa gunakan cairan pembersih lantai yang tepat. Jangan yang mengandung wax karena bisa membuat warna keramik cepat pudar dan tidak berkilau lagi.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi