You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Tips Menghadapi Interview Kerja Bagi si Introvert

author
Isna Triyono
Senin, 26 November 2018 | 19:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Menghadapi interview kerja, pasti akan menakutkan dan membuat tegang bagi semua orang. Apalagi jika kamu termasuk pribadi yang introvert.

Interview kerja pasti membuat kamu enggak bisa tidur malam sebelumnya atau tiba-tiba enggak lancar berbicara saat di depan orang HRD.

Tapi enggak usah berkecil hati, kamu si Introvert tetap bisa menghadapi sesi interview dengan tenang. Ini tipsnya.

1. Jadwalkan dengan Bijak

Bagi Introvert, bertemu orang baru dan harus menjawab beberapa pertanyaan akan sangat menguras energi. Karena itu, hindari menghadiri beberapa sesi wawancara dari beberapa perusahaan yang berbeda. Kamu si Introvert harus fokus pada satu interview saja setiap harinya.

Baca juga: Mengkritik Rekan Kerja Boleh, Kok, Ini 8 Caranya

Kalaupun di satu perusahaan kamu harus menghadapi beberapa interview dari pihak-pihak yang berbeda, usahakan untuk mengambil jeda di antaranya dan gunakan untuk minum air putih dan menenangkan diri sebelum interview berikutnya.

Jika kamu sudah bekerja, sebaiknya izin cuti satu hari pada atasanmu demi menyiapkan diri menghadapi interview ini.

2. Lakukan Riset Kecil-Kecilan

Sebelum hari wawancara, lakukan riset untuk mengenal lebih jauh tentang perusahaan yang akan kamu datangi. Jika kebetulan kamu memiliki teman yang bekerja sebagai HRD, tanya soal kemungkinan pertanyaan apa saja yang biasanya diajukan.

Bila perlu, tanyakan pada pihak yang mengundang kamu interview soal berapa lama interview akan berlangsung, siapa interviewer-nya, dan pertanyaan yang biasa diajukan. Semua infirmasi itu akan membuat kamu memiliki gambaran yang lebih jelas soal situasi yang akan kamu hadapi keesokan harinya.

3. Persiapkan Diri Untuk Pertanyaan Tidak Terduga

Bagi introvert, menjawab pertanyaan secara spontan sangat membuat tidak nyaman. Introvert perlu waktu beberapa saat sebelum akhirnya bisa menyusun jawaban.

Karena itu, persiapkan diri untuk pertanyaan yang tidak terduga dan pertanyaan yang umum ditanyakan. Latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi di depan kaca. Meski terdengar konyol, tapi cara ini bisa membuat introvert lebih percaya diri.

Dan jangan lupa, siapkan juga pertanyaan yang ingin kamu tanyakan pada interviewer.

Baca juga: 10 Tips untuk Mengalahkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

4. Persiapkan Untuk Bahan Obrolan Ringan

Di antara perkenalan dan pertanyaan wawancara formal, terkadang ada waktu singkat untuk obrolan singkat. Ingat, kesan pertama selama wawancara juga sangat penting. Karena itu, siapkan 1-2 pertanyaan untuk bahan obrolan singkat dengan interviewer.

Kamu bisa menyiapkan pertanyaan yang umum, misalnya soal cuaca atau pujian dan kesan terhadap dekorasi kantor. Jagalah agar kamu selalu terlihat optimis dan positif selama percakapan ringan tadi.

5. Menjual Kualitas

Bagi introvert, menjual kualitas diri adalah sesuatu yang sangat sulit. Padahal, pasti banyak prestasi dan pencapaian yang introvert miliki untuk ‘dijual’ saat interview.

Sebelum wawancara, buat daftar prestasi dan pencapaian diri secara detail. Hal-hal kecil misalnya selalu mendukung rekan kerja, gigih menyelesaikan proyek meski rekan kerja yang lain sudah menyerah, juga bisa kamu masukkan ke dalam daftar.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono