I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

4 Bahan Alami Ini Bisa Mencegah Stretch Marks Selama Kehamilan

author
Isna Triyono
Jumat, 23 November 2018 | 20:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bahan alami ini bisa kamu gunakan untuk mencegah stretch marks selama kehamilan.

Hampir semua ibu hamil mengeluh tentang stretch marks yang timbul selama kehamilan dan setelah melahirkan. Saat ini pun sudah banyak krim anti stretch marks.

Namun untuk kamu yang ingin menggunakan bahan alami, bisa mencoba 4 bahan yang biasanya sudah tersedia di rumah. Apa saja?

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa atau coconut oil adalah salah satu bahan alami yang biasanya sudah tersedia di rumah dan bisa kamu gunakan untuk mencegah timbulnya stretch marks. Kabar baiknya, minyak kelapa juga hadir dalam bentuk krim dan sabun sehingga lebih mudah diaplikasikan ke kulit kamu.

Baca juga: Tips Menidurkan Bayi Dalam Satu Menit

Kelebihan minyak kelapa antara lain cepat menyerap ke dalam kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Kandungan vitamin E dan asam lemaknya bisa menjaga kulit lebih lembap dan lentur.

Usapkan minyak kelapa ke kulit kamu, terutama bagian perut dan paha setiap selesai mandi dan biarkan hingga meresap. Karena minyak kelapa ini alami, jadi kamu bisa memakainya sesering mungkin selama kehamilan.

SHUTTERSTOCK |

2. Minyak Zaitun

Kandungan vitamin E dan antioksidannya yang tinggi bisa mencegah sekaligus mengobati stretch marks yang terlanjur timbul.

Untuk mendapat hasil terbaik, pilih minyak zaitun ektra virgin. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun dengan cara mengoleskan ke seluruh permukaan kulit. Minyak ini bisa mengurangi rasa gatal akibat kulit yang mengalami perenggangan.

3. Lidah Buaya

Tanaman ini bisa tumbuh tanpa perawatan. Kamu pun bisa menanamnya di halaman karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain mencegah stretch marks.

Lidah buaya terkenal memiliki sifat menenangkan dan menyembuhkan. Gel dari tanaman ini mengandung enzim, vitamin, dan mineral serta asam lemak yang membantu menyembuhkan kulit kering dan stretch marks.

Potong daun lidah buaya, lalu oleskan gelnya ke seluruh permukaan kulit dan diamkan hingga meresap.

Baca juga: Jangan Kaget, Ini 10 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Melahirkan

4. Minyak Almond

Minyak almond memiliki banyak khasiat bagi kesehatan kulit. Kandungannya bisa melembapkan dan menutrisi kulit hingga terasa lembut, kenyal, dan halus. Sebaiknya pilih minyak almond yang alami agar hasilnya pun lebih maksimal.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono