You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

7 Tanda Bayi Punya IQ Tinggi

author
Isna Triyono
Kamis, 6 Desember 2018 | 14:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Setiap bayi terlahir cerdas. Namun beberapa memiliki intelligence quotient (IQ) yang lebih tinggi.

Dan tanda-tandanya sudah bisa kamu lihat, bahkan enggak lama setelah ia lahir. Apa saja tanda bayi punya IQ tinggi?

 

1. Mengenali Wajah Ibu dan Ayahnya

Sejak di dalam rahim, bayi sudah bisa mendengar suara ibu dan ayahnya. Ketika lahir, ia belum punya bayangan seperti apa wajah ayah dan ibunya. Tetapi bayi yang memiliki IQ tinggi biasanya langsung bisa mengenali wajah ayah dan ibunya, yaitu dengan menatap lurus (padahal ia juga masih belajar fokus untuk melihat) kepada orang tuanya.

Baca juga: 7 Manfaat Tidur Siang Bagi Bayi

SHUTTERSTOCK |

 

2. Happy Saat Bermain Sendiri

Bayi kamu betah bermain sendiri hanya dengan mainan kesayangannya? Itu salah satu tanda ia memiliki IQ tinggi. Bermain sendiri membuatnya puas dan bisa berimajinasi. Kadang, senang bermain sendiri terbawa hingga ia remaja dan itu bukan sifat yang negatif.

SHUTTERSTOCK |

 

3. Bisa Bergaul Dengan yang Lebih Tua

Bayi kamu tertarik bermain dengan kakak sepupu atau orang yang lebih tua? Itu salah satu tanda ia memiliki IQ yang tinggi. Karena mungkin ia enggak puas secara intelektual dengan bayi seusianya dan cepat merasa bosan.

4. Sangat Fokus

Sering memergoki bayi menatap sesuatu dengan sangat fokus seolah ia mau menggerakkan benda itu dengan kekuatan pikirannya? Itu juga salah satu tanda ia memiliki IQ yang tinggi. Semakin bayi mudah fokus pada apa yang ia lihat, semakin tinggi kemungkinan ia juga memiliki IQ yang tinggi.

SHUTTERSTOCK |

 

5. Betah Saat Dibacakan Buku

Bayi yang baru lahir mungkin tampaknya enggak terlalu mengerti jika kamu bacakan sebuah buku di hadapannya. Nyatanya, anggapan itu keliru. Bayi dengan IQ tinggi butuh rangsangan pada otaknya, salah satunya dengan betah mendengarkan saat dibacakan sebuah buku.

Baca juga: Cara Melatih Bayi Tengkurap dan 5 Manfaatnya

SHUTTERSTOCK |

 

6. Mudah Tertawa

Bayi yang sehat dan bahagia akan mudah sekali tertawa dan senang tertawa sepanjang waktu. Mudah tertawa salah satu tanda bahwa otaknya sudah bisa mencerna apa yang ia lihat dan itu artinya ia punya IQ yang tinggi.

SHUTTERSTOCK |

 

7. Suka Musik

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bayi yang diperdengarkan musik klasik sejak dalam kandungan, akan memiliki IQ yang lebih tinggi. Ketika bayi kamu baru lahir menunjukkan rasa senang ketika kamu bersenandung dan menyanyikan lagu, ia mungkin punya IQ tinggi. Ia juga menunjukkan antusias dengan mainan yang mengeluarkan suara musik.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono