A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

8 Gejala Serangan Jantung Pada Perempuan

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 6 Desember 2018 | 08:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Sakit di bagian dada menjadi salah satu gejala umum serangan jantung pada perempuan. Apa lagi gejala yang harus diwaspadai?

Sebuah studi terhadap perempuan yang pernah mengalami serangan jantung menunjukkan, 80% di antaranya pernah mengalami paling tidak 1 gejala sebelum serangan. 8 gejala yang sering muncul antara lain:

1.Sakit dada

Dada terasa seperti ditekan dan diremas-remas. Namun, tak semua perempuan yang terkena serangan jantung mengalami gejala ini.

2.Rasa lelah ekstrem atau tidak biasa

Gejala ini muncul pada minggu-minggu serangan terjadi atau beberapa saat sebelum serangan. Rasa lelah bisa muncul bahkan ketika melakukan hal-hal yang ringan.

Baca juga: Agar Jantung Sehat, Konsumsi 7 Bahan Makanan Ini

SHUTTERSTOCK |

3.Lesu dan lemah

Pada perempuan, rasa lesu dan lemah ini merupakan gejala akut yang sering muncul. Biasanya diikuti rasa cemas, pusing, kepala ringan, bahkan pingsan.

4.Napas pendek dan berat

Napas pendek atau napas berat, apalagi jika diikuti rasa lelah atau sakit di dada, bisa jadi menunjukkan adanya masalah di jantung.

5.Keringat berlebih

Keringat berlebih tanpa sebab menjadi gejala lain serangan jantung pada perempuan. Keringat dingin bisa juga menjadi indikasi adanya masalah jantung.

SHUTTERSTOCK |

6.Sakit pada tubuh bagian atas

Bukan gejala spesifik dan tidak selalu muncul pada otot atau sendi tertentu di bagian atas tubuh. Area meliputi leher, dagu, punggung bagian atas, atau lengan. Rasa sakit bisa muncul dari satu bagian melebar ke bagian lain.

Baca juga: Hidup Single Lebih Berisiko Terkena Penyakit Jantung

7.Gangguan tidur

Sulit tidur dan bangun tidur yang tidak biasa juga sering muncul sebelum serangan jantung. Separuh dari perempuan yang mengikuti survei mengaku bermasalah dengan tidur mereka sebelum terkena serangan.

8.Masalah pencernaan

Beberapa perempuan merasakan sakit atau tekanan di bagian perut sebelum serangan. Gangguan pencernaan meliputi sakit perut, mual, hingga muntah.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi