Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Agar Jantung Sehat, Konsumsi 7 Bahan Makanan Ini

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 25 Oktober 2018 | 09:59 WIB
SHUTTERSTOCK |

Saat memilih makanan jangan hanya memerhatikan rasa enaknya saja, tetapi pastikan bahan makanan tersebut sehat untuk jantung. Oatmeal dan almond adalah 2 dari 7 bahan makanan yang baik dikonsumsi agar jantung sehat.

Kenapa kita harus memperhatikan kesehatan jantung? Sebab sekarang ini penyakit kardiovaskular menjadi penyebab nomor satu kematian secara global. Dan, penyakit ini menyerang tanpa kenal usia, tua atau muda.

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi junk food, diet tidak teratur, kurang olahraga, kurang tidur, rokok dan alkohol. Sebelum terlambat, mari cegah dengan melakukan pola makan sehat, konsumsi 7 bahan berikut ini yang dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung.

1. Salmon
Salmon kaya asam lemak Omega-3 yang membantu menjaga denyut jantung dan tekanan darah. Salmon juga menjaga kesehatan pembuluh darah. Konsumsi ikan salmon 2 kali seminggu agar kesehatan jantung tetap terjaga.

Selain salmon, ikan makarel, tuna putih, trout, anchovies, dan sarden juga baik mengandung lemak serupa dan baik dikonsumsi 2 porsi seminggu. Makan ikan 2-4 kali seminggu bisa mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 17%.

2. Avokad
Konsumsi avokad setiap hari akan membantu memperbaiki kadar kolesterol, khususnya bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Selain buahnya, minyak avokad merupakan minyak alami yang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: 8 Makanan Pencegah Radang

3. Almond
Perut terasa lapar padahal jam makan siang atau makan malam masih lama, cobalah ngemil segenggam almond panggang. Selain rasanya enak, almond mengandung lemak tak jenuh dan kaya serat yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain almond, kacang-kacangan lain seperti kacang mede, hazelnut, pistachio, pecan, kenari, kacang tanah juga sangat baik dikonsumsi. Setidaknya makan 2-3 porsi (seperempat cangkir) kacang-kacangan dalam seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung 24%.

Baca juga: Almond dan Kenari, Mana yang Lebih Sehat?

4. Biji-bijian
Serat yang terkandung dalam biji-bijian seperti gandum, sorgum, quinoa, chia, wijen, biji bunga matahari juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), memperbaiki pencernaan, dan menstabilkan kadar gula.

Cobalah sesekali ganti camilan kamu dengan biji-bijian yang dicampur kacang-kacangan atau buah-buahan yang sehat dan mengenyangkan lebih lama.

5. Buah Berry
Buah berry, terutama blueberry, mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk menormalkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Konsumsi buah secara rutin menurunkan risiko penyakit jantung hingga 24%.

Berapa porsi buah yang dianjurkan dalam sehari? Sekitar 3 porsi sehari dengan perhitungan 1 porsi setara satu buah ukuran sedang atau setengah cangkir untuk keluarga buah berry.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ampuh Kurangi Mual Saat Hamil

6. Minyak Zaitun
Serupa dengan minyak avokad dan minyak kanola, minyak zaitun kaya antioksidan yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol, dan melindungi pembuluh darah. Cocok digunakan untuk dressing salad atau tumisan sayuran.

7. Sayuran
Sayuran menempati posisi teratas makanan yang baik bagi kesehatan jantung. Sayuran kaya akan kandungan serat dan vitamin, serta rendah kalori.

Campurkan beragam sayuran, khususnya sayuran berwarna gelap seperti bayam, brokoli, kale, buncis karena kandungan mikronutrisinya lebih tinggi. Wortel yang kaya beta-karoten juga baik untuk jantung kamu.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Isna Triyono