To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Almond dan Kenari, Mana yang Lebih Sehat?

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 24 Oktober 2018 | 17:53 WIB
SHUTTERSTOCK |

Selain rasanya enak, dua jenis kacang ini dikenal baik untuk kesehatan tubuh. Cocok dijadikan aneka camilan sehat atau pun dipadu hidangan utama. Tetapi mana ya yang lebih sehat, almond atau kenari (walnut)? Yuk, bandingkan!

Menurunkan Berat Badan

Kacang-kacangan dikenal tinggi lemak dan kalori. Tak heran orang yang berdiet ketat kerap menghindarinya. Tetapi ternyata studi medis menemukan hal sebaliknya, orang yang mengonsumsi kacang-kacangan justru lebih langsing dibanding yang tidak. Pasalnya kacang dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kalori yang terbakar lebih banyak, meski kita tengah beristirahat.

Untuk menurunkan berat badan, lebih baik almond atau kenari? Beberapa studi menunjukkan, almond lebih baik untuk menurunkan berat badan.

Kesehatan Otak

Kacang-kacangan membantu mengoptimalkan performa otak, terutama kenari yang kaya kandungan omega 3. Beberapa studi memperlihatkan, otak manusia dapat bekerja lebih baik setelah mengonsumsi kenari. Uniknya, bentuk kenari pun mirip organ otak.

Nutrisi

Serat: 1 ons almond mengandung 16% serat, sedangkan kenari 8%.

Protein: 1 ons almond mengandung 13% protein, sedangkan kenari 9%.

Omega 3: 1 ons almond tidak mengandung asam lemak omega 3, sedangkan kenari 2,5 gram.

Elektrolit: Almond memenuhi kebutuhan harian untuk potasium sebesar 4%, magnesium 16%, dan kalsium 8%. Sedangkan kenari lebih sedikit.

Vitamin E: Almond memenuhi 40% kebutuhan harian vitamin E, sedangkan kenari hanya 2%.

Baca Juga: 8 Makanan Pencegah Radang

Kesehatan Jantung

Mengonsumsi kacang bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 40%. Baik almond maupun kenari dapat menurunkan kolesterol buruk, tryglicerides, gula darah, tekanan darah, dan peradangan.

Kadar asam lemak omega 3 dalam kenari maupun kandungan magnesium tinggi dalam almond bermanfaat untuk treatment aritmia, yaitu gangguan irama detak jantung.

Penyakit Akibat Pola Hidup

Termasuk penyakit kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan diabetes yang tidak terlalu memperlihatkan gejala namun sangat berbahaya. Nah, kandungan nitric oxide di dalam kedua jenis kacang ini membantu merelaksasi arteri dan menormalkan tekanan darah. Almond dan kenari juga bermanfaat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah diabetes.

Arthritis

Kandungan omega 3 yang tinggi membuat kenari bersifat anti peradangan yang sangat baik untuk mengobati arthritis dan penyakit peradangan lainnya. Cara kerjanya, omega 3 secara langsung menghalangi molekul-molekul penyebab peradangan.

Kesehatan Kulit dan Mata

Per sajian almond mengandung 48% vitamin E yang kaya antioksidan, sedangkan kenari hanya 2%.

 

Lalu, mana yang harus dipilih, almond atau kenari? Keduanya jelas bermanfaat untuk kesehatan. Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan tubuh kita. Dan jika ingin mengonsumsi keduanya pun bisa, kok. Campur 1-2 porsi almond dengan 1 porsi kenari. Tapi ingat ya, jangan konsumsi berlebihan dan pilih varian unsalted agar lebih sehat.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Isna Triyono