Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

5 Makanan Ini Ampuh Kurangi Mual Saat Hamil

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 24 Oktober 2018 | 14:41 WIB
SHUTTERSTOCK |

 

Morning sickness biasanya dialami ibu hamil pada trimester pertama. Rasanya tentu tidak nyaman, mulai lemas, mual, muntah hingga pusing. Tentu saja aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang ampuh mengurangi rasa mual. Berikut ini 5 di antaranya.

 

  1. Pisang

Jika ibu hamil sering mengalami mual dan muntah, asupan makanan menjadi tidak maksimal. Alhasil, tubuh cepat lelah bahan bisa mengalami anemia.

Pisang mengandung nutrisi lengkap, seperti zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium yang mengembalikan energi tubuh sekaligus mencegah anemia.

Baca juga: Ini Cara Bikin Pisang Nugget Lebih Kreatif

  1. Jeruk

Saat mengalami mual, ibu hamil cenderung mencari makanan yang asam segar untuk menguranginya. Jeruk kaya akan vitamin C, kalium, seng, dan zat besi yang bisa mengurangi rasa mual plus meningkatkan imunitas.

  1. Jahe

Ternyata rasa dan aroma khas jahe dapat mengontrol rasa mual. Cobalah gunakan jahe  untuk campuran teh dan susu. Namun jangan terlalu banyak, ya, karena bisa membuat perut kembung.

  1. Apel

Selain rasanya manis segar, apel kaya vitamin antioksidan dan kadar airnya cukup tinggi sehingga bisa menghindari tubuh ibu hamil dari dehidrasi dan sakit kepala.

  1. Labu

Labu mengandung magnesium dan seng yang dapat mengatasi rasa mual akibat perubahan hormon dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, labu kaya asam folat yang membantu perkembangan otak janin.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro