We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

5 Tips Memilih Bra Hamil yang Nyaman

author
Isna Triyono
Rabu, 24 Oktober 2018 | 14:11 WIB
SHUTTERSTOCK |

 

Perubahan bentuk tubuh, termasuk payudara, membuat ukuran bra bumil pun ikut berubah. Sebelum membeli bra baru, baca 5 tips memilih bra hamil yang nyaman ini.

 

Tubuh ibu hamil berubah seiring bertambahnya usia kehamilan. Termasuk payudara yang semakin membesar karena ASI sudah mulai diproduksi. Ditambah ukuran perut yang semakin besar dan berat, perubahan ini tentu tidak nyaman.

Terutama saat tidur ibu hamil kerap merasa sesak napas dan ketika berjalan pun terasa lekas lelah dan punggung pegal. Salah satu solusinya adalah mengganti bra biasa dengan bra hamil. Namun sebelum membeli, perhatikan tips-tips memilih bra hamil yang nyaman berikut ini.

Baca juga: 4 Masalah Rambut Saat Hamil, Begini Cara Mengatasinya

  1. Ukur Ulang payudara

Ini harus dilakukan untuk mendapatkan ukuran yang pas. Caranya sebagai berikut:

  • Band size: Ukur lingkar dada di bawah payudara, lalu tambah 5. Misalnya, lingkar dada 31inci, maka band sizenya 36. Jika hasilnya ganjil, band size bisa satu nomor di atas atau di bawahnya.
  • Cup size: Ukur lingkar dada di bagian tonjolan puting. Selisih antara band size dan cup size menentukan ukuran cup bra. Selisih 1inci maka cup size A, jika selisihnya 2inci cup size B, dan seterusnya. 
  1. Bahan dan Model Nyaman

Bra hamil sebaiknya berbahan nyaman, yang artinya lembut, tidak ketat, menyerap keringat, tidak berkawat atau berbusa. Pertimbangkan juga untuk memilih bra bertali lebar agar bisa menyokong payudara dengan sempurna.

Baca juga: Ini Foto-foto Kehamilan Meghan Dari Bulan Ke Bulan

  1. Dua Fungsi

Kenapa tidak mempertimbangkan untuk membeli bra menyusui yang bisa digunakan sejak kehamilan? Praktis dan hemat!

  1. Banyak Pengait

Pilih bra hamil dengan banyak mengait mengingat ukuran payudara cepat sekali berubah.

  1. Beli Beberapa Ukuran

Ternyata bra hamil modelnya beragam dan lucu-lucu sehingga kamu tertarik untuk memborong. Eits, tunggu dulu. Jangan membeli terlalu banyak karena ukuran payudara selama hamil cepat berubah. Atau, kamu bisa membeli beberapa ukuran agar bisa terpakai sampai lama.

Penulis Isna Triyono
Editor Hasto Prianggoro