Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Bantal Keras Bikin Keriput, Cek 5 Hal Lain Yang Mempercepat Penuaan

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 9 Desember 2018 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Pengin awet muda dan sehat? Ternyata, 6 hal yang tampaknya sepele bisa bikin cepat tua, lo.

1. Perfeksionis undang hormon stres

Di era media sosial, orang pengin tampil sempurna. Menurut psikoterapis Mike Dow, PsyD, Ph.D, “Perfeksionisme akan merusak otak. Karena ketika kita tampil tidak perfet, otak dipenuhi pikiran negatif melepas hormon stres. Jadinya, makin cepat tua.”

2. Depresi percepat pengecilan otak

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa depresi tak hanya membuat seseorang tak nyaman tetapi juga membuatnya makin cepat tua karena mempercepat pengecilan otak. Jadi, jangan anggap remeh depresi. Segera cari bantuan jika kamu mulai stres dan depresi.

| SHUTTERSTOCK

3. Deadline bikin jantungan

Wajar jika kita punya jadwal dan deadline harian, apalagi jika kamu termasuk perempuan yang disibukkan berbagai aktivitas. Tapi, jika jadwal kegiatan harian nggak habis-habis mulai fajar  hingga ujung malam, maka penuaan dini akan makin cepat menghampiri. Aktivitas tak henti tanpa diimbangi gaya hidup yang sehat akan memicu stres. Hormon stres akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga memperbesar risiko penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.    

Baca juga: 6 Fakta Tentang Tempat Tidur yang Perlu Diketahui

 

| SHUTTERSTOCK

4. Bantal keras, wajah keriput

Setiap malam, kulit wajah akan terpapar bantal selama rata-rata 7-8 jam. Bayangkan jika bantal yang kamu pakai tidak nyaman dan menggunakan bahan yang keras, jangan heran jika keriout makin cepat bermuculan di wajah. Pilih sarung bantal yang lembut (katun misalnya) agar kulit wajah tidak tertarik dan tetap awet muda.

5. Masih muda sudah bungkuk

Usia lanjut biasa ditandai dengan tulang punggung yang mulai membungkuk. Tapi kini tak perlu berusia lanjut untuk menjadi bungkuk. Gaya hidup yang membuat kita seharian duduk dengan postur “tech neck”, menatap layar laptop atau PC dengan posisi melengkung, mempercepat buruknya postur tubuh.

| SHUTTERSTOCK

6. Keriput gara-gara sedotan

Sedotan plastik tak hanya buruk bagi lingkungan tetapi juga membuat wajah kellihatan lebih cepat tua. Menurut Joseph Cruise, MD, ahli bedah plastik, “Terus-terusan memakai sedotan, khususnya sedotan plastik, akan memicu munculnya garis dan kerutan di sekitar mulut.” Jadi, buang sedotan, lebih baik minum langsung dari gelas.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro